Melongok, Agrobis Jambu Kristal di Utara Bendung Gerak, Padang, Trucuk

0 206

Pesona Bendung Gerak menjadi daya tarik warga untuk sekedar menengoknya. Sambil menikmati panorama alam di sore hari, sembari menyaksikan derasnya air yang yang melintasi pintu air raksasa di bendungan itu.

Berderet-deret warga yang memancing di sisi timur dengan tekunnya mereka menunggu pancingnya dapat ikan. Sedangkan, di sebelah selatanya, terdapat warung kopi (warkop), bakso, mie ayam dan berbagai camilan lainnya. Nampak, sepasang anak muda sedang menghabiskan waktunya berduaan di bawah jalan bendungan yang melintasi Bengawan Solo itu.

Selain menikmati pesona Bendung Gerak, sekarang juga sudah dibuka Agrobis jambu Kristal dengan petik sendiri di kebun. Lokasinya berada di utara Bendung gerak, tepatnya berjalan ke utara sekitar 50 meter kemudian belok kanan sekitar 150 meter, maka anda sudah sampai di lokasi Agrobis Jambu Kristal tersebut.

Ada beberapa kebun jambu Kristal, seperti milik Sahli (50), Hatjo Kardi, Suryadi, Subiyanto, Abdul Majid, Suhud, Wiji, maji, Dasiran, Kasto, Jono, Jumadi dan beberapa pemilik lahan jambu Kristal lainnya. Jambu bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 silam itu, di bulan Mei tahun ini, jambu-jambu tersebut sudah mulai bisa dipanen.

Kebun jambu Kristal milik Sahli misalnya, mereka memilki 60 pohon jambu yang sudah siap dipetik. Sehingga, kebun jambu miliknya itu, setiap hari ditunggui, dengan harapan ada pembeli yang datang untuk membeli jambu di kebunnya. Biar tidak mengecewakan pembeli yang datang, dia sampai membuat kandang kambing di ladangnya itu. Sehingga, dia bisa merawat jambu-jambunya sekaligus merawat kambingnya itu.

Harga jambu Kristal di Agrobis jambu Kristal Desa Padang, Kecamatan Trucuk itu, per kilo gram dipatok dengan harga Rp 15 ribu. Kalau dibandingkan dengan jambu merah, harga jambu Kristal itu cukup mahal. Akan tetapi, rasa jambu Kristal itu cukup unik, ada manisnya juga ada sedikit kecutnya.

“Rasanya hampir mirip dengan rasa apel. Rasanya renyah dan tidak ada bijinya. Kalau ada, itu cukup sedikit sekali. Selain itu, kalau di makan itu empuk tapi renyah, tidak keras (alot, Jawa red), seperti jambu-jambu lainnya,” kata Sahli menjelaskan.

Masih menurut Sahli, kalau penasaran pengen tahu rasanya jambu Kristal, silahkan datang langsung ke Lahan Agrobis jambu Kristal yang berada di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro. Bisa jalan-jalan di Obyek Wisata Bendung gerak, sambil berwisata di Agrobis jambu Kristal itu.

Perlu diketahui, Jambu Kristal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada 15 macam manfaat, yang bisa diperoleh jika mengkonsumsi jambu Kristal tersebut.

Manfaat itu diantaranya, cocok untuk dijadikan minuman, Baik untuk penderita diare, Mencegah sulit buang air besar atausembelit, Mengobati batuk dan flu, Menjaga kesehatan kulit, Menjaga rasa kenyang, Baik untuk kesehatan pencernaan, Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Sebagai zat anti oksidan, Baik untuk kesehatan mata, Memberikan energi bagi tubuh, Baik untuk kesehatan tulang, Mengobati sariawan, Mencegah anemia dan Mencegah infeksi dan juga virus. **(Kis).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More