Amien Rais Sarankan Cawapres Anies dari Indonesia Timur, SYL Jadi Contoh , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Amien Rais Sarankan Cawapres Anies dari Indonesia Timur, SYL Jadi Contoh Pencarian seputar Berita Nasional di dunia online kian banyak dikerjakan masyarakat Indonesia, padahal hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Amien Rais Sarankan Cawapres Anies dari Indonesia Timur, SYL Jadi Contoh ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memandang atau membacanya. Jika anda senang dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

 

Rakyatnesia.com – Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais memberikan saran ke Anies Baswedan untuk mencari calon wakil presidennya dari Indonesia Timur. Terkait hal tersebut pengamat politik Usni Hasanudin menilai hal yang wajar untuk mendulang suara.

“Indonesia memang negara yang dibagi dalam tiga wilayah berbeda. Timur, Barat dan Tengah. Jadi wajar saja kalau setiap pencalonan presiden dan wakil presiden representasi keterwakilan selalu menjadi pertimbangan,” kata dia saat dikonfirmasi, Minggu (30/4).

Menurut Usni, keterwakilan dari Indonesia Timur Setidaknya mencerminkan keluasan wilayah, kekayaan suku bangsa. “Jadi bukan saja aspek elektoral tapi persatuan dan kesatuan Indonesia disini tercermin,” ujar akademis UMJ ini.

Usni pun mencontohkan, di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, mereka sempat memilih Jusuf Kalla (JK) sebagai wakilnya. 

“JK representasi Indonesia Timur, tapi untuk mencari sosok sekelas JK harus menjadi pertimbangan Anies untuk menentukan siapa cawapresnya yang dapat menjadi representasi Indonesia Timur,” kata dia.

Lebih lanjut, Usni juga menyebut, ada satu tokoh yang bisa menjadi pertimbangan Anies memilih cawapresnya. Ialah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Saat ini memang ada Syahrul Yasin Limpo, yang secara rekam jejak sangat ideal disandingkan Anies, apalagi Anies selalu mengutarakan rekam jejak kepemimpinan. Syahrul Yasin Limpo memang syarat dengan pengalaman birokratis dari PNS, kepala daerah, hingga menteri bahkan memiliki prestasi yang baik saat memimpin Sulsel,” jelas dia.

Namun, kata Usni, ada pertimbangan yang harus dilihat, mengingat Syahrul merupakan kader NasDem, yang di mana partai besutan Surya Paloh itu menjadi yang pertama mendeklarasikan Anies.

“Karena akan dianggap sebagai representasi kader partai tertentu yang sudah mencalonkan Anies. Sekarang semua kembali ke partai koalisi apakah mau atau tidak,” pungkasnya.

 

Dikutip dari Jawa Pos

Exit mobile version