Njungok Bareng # 2, di Gelar di Balai Desa Sumberarum, Ngraho

0 177

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Acara Njungok Bareng # 2, di gelar di Balai desa Sumberarum, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (29/4/2017) malam.

Kegiatan yang dilaksanakan kerja bareng antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kominfo, Forum Karang Taruna Kabupaten Bojonegoro, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Bojonegoro, dengan tujuan untuk Njungok Bareng (duduk bersama) menggali aspirasi pemuda untuk Bojonegoro.

Kegiatan Njungok Bareng direncanakan dilaksanakan di 10 lokasi, untuk kegiatan di Balai Desa Sumberarum merupakan kegiatan kedua, setelah yang pertama digelar di Balai desa Kandangan, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro beberapa waktu lalu.

Tampil memberi materi adalah Nova Wijaya (influencer) yang berasal dari RTIK Bojonegoro. Dimana, Nova Wijaya dalam kegiatan ini menjadi influencer untuk mengarahkan seseorang untuk berpikir dan mengekspresikan diri dalam merubah cara berikir masyarakat untuk memanfaatkan teknologi informasi (TI) dengan baik.

Njungok Bareng # 2, di Gelar di Balai Desa Sumberarum, Ngraho 1
Kepala Bakesbangpol Kusbangpol Kabupaten Bojonegoro Kusbiyanto saat menyampaikan materinya mewakili Bupati Bojonegoro dalam acara Njungok Bareng#2, yang di gelar di Balai desa Sumberarum, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (29/4/2017) malam.

Mbak Nova – demikian Nova Wijaya, Influencer RTIK tersebut, biasa disapa – berbicara tentang internet dan kegunaanya, mulai dari facebook (fb), Watshap (WA), Website serta kegunaanya dalam kemajuan teknologi informasi dalam kehidupan saat ini.

Tampil nara sumber Ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Bojonegoro Dony Bayu Setyawan, yang sengaja menggembleng para Karang taruna Generasi Mandiri Desa Sumberarum serta perwakilan para pengurus Karang Taruna Se-Kecamatan Ngraho serta tokoh masyarakat yang memadati Balai Desa Sumberarum, Sabtu (29/4/2017).

Dalam menyampaikan materinya, Dony Bayu Setyawan menanyai para anggotanya tersebut, sanggupkan menjadi relawan RTIK untuk memberikan informasi tentang segala hal yang terjadi di desanya masing-masing. Dengan cukup komunikatif, para pemuda itu memberikan jawaban kesiapannya atas pertanyaan yang dilontarkan oleh orang nomor satu di Forum Karang Taruna Bojonegoro itu.

“Bagi Karang taruna yang belum memahami Teknologi Informasi, jangan kuwatir nanti sampean bisa didampingi oleh RTIK Bojonegoro,” tegas politisi PDI Perjuangan Bojonegoro itu.

Masih menurut Mas Dony, – demikian Ketua Karang Taruna Kabupaten Bojonegoro Dony Bayu Setyawan, akrab disapa – sebagai keluarga besar Karang Taruna Bojonegoro, semua harus mengetahui bagaimana sesungguhnya kondisi Bojonegoro berdasarkan dengan data, bukan asal bicara.

“Sampean semua ini, nantinya bakal menjadi penerus Bojonegoro. Sehingga harus tahu bagaimana kondisi Kabupaten Bojonegoro. Dengan mengetahuinya, maka pemuda data turut serta berpartisipasi dalam turut serta membangun Bojonegoro,” tegasnya.

Ditambahkannya, kondisi Kabupaten Bojonegoro saat ini SDM (Sumber Daya Manusia) masih di bawah rata-rata Jawa Timur, Kemiskinan berada di rangking atau urutan ke-9 dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa timur, penggangguran yang meminta kartu kuning untuk kelengkapan dalam pengurusan untuk bekerja per Desember 2016 lalu sebanyak 22 ribu. Setiap tahun pengangguran bertambah 3 ribu.

“Melihat data itu, maka pemuda harus mulai kreatif dalam melakukan kegiatan yang memberikan manfaat pada anggotanya, termasuk dengan menciptakan usaha sehingga bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi para pemuda ini. Termasuk dengan intensif melakukan komunikasi dengan Pemkab Bojonegoro dan berbagai pihak untuk turut memajukan Bojonegoro, sehingga ke depan Bojonegoro makin maju dan rakyatnya makin sejahtera,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Bojonegoro itu.

Ketua Karang taruna Generasi Mandiri Desa Sumberarum Setyono (26) keada rakyatnesia.com mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan Njungok Bareng #2, yang telah dilaksanakan di desanya itu.

“Mudah-mudahan materi yang telah disampaikan oleh Ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Bojonegoro Mas Dony Bayu Setyawan tadi, dapat memberikan motivasi keada pada Karang taruna Desa Sumberarum dan juga para Karang Taruna Se-Kecamatan Ngraho,” tegasnya, Sabtu (30/4/2017).

Termasuk juga mencerna apa yang disampaikan pemateri Nova Wijaya yang telah menyampaikan pentingnya internet dalam kehidupan saat ini. Termasuk dalam menunjang kegiatan Karang taruna di Bojonegoro ini.

Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut hadir mewakili Bupati Bojonegoro Suyoto adalah Kepala Kesbangpol Bojonegoro Kusbiyanto, Kepala Kominfo Bojonegoro Kusnandaka, Kepala Dinas Sosial Bojonegoro Adjie Witjaksono, Kepala Dinas Perindustrian dan tenaga kerja Bojonegoro Agus Supriyanto dan undangan lainnya. **(Kis/Yanto).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More