Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Mudah Terbaru Tahun Ini

Nur Chafshoh

Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Mudah Terbaru Tahun Ini
Bagikan

Halo, Apa kabar? Berjumpa kembali dengan kami yang menyajikan serangkaian tutorial dan berita seputar teknologi masa kini. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang bagaimana Cara Mengatasi Laptop Hang yang akan kita bahas pada artikel dibawah ini.

Laptop atau komputer merupakan suatu perangkat yang penting bagi manuasia selain Smartphone. Karena smarphone juga di program melalui komputer jadi komputer ialah sebagai alat utama yang menjadikan perangkat lain terbentuk.

Nah pada penggunaan komputer sering kali kita merasakan komputer yang terasa lambat, panas, dan bahkan juga sering terjadi lag dan tidak jarang juga kita mengalami hang pada laptop atau pc kita.

Keadaan itu sering terjadi pada windows versi lama seperti windows vista dan juga sampai ke versi yang lebih baru seperti windows 10.

Penyebab Laptop Hang pada Windows 7,8,8,1 dan 10

Hal ini terkadang membuat kita kesal apa lagi kita sedang terburu-buru saat henak presentasi atau mengerjakan tugas.

Nah dari keadaan di atas , kami disini akan memberikan solusi untuk bagaimana cara mengatasi laptop yang hang dengan mudah, Namun sebelum kita menuju kepembahasannya ada baiknya kit akenalidulu penyebab dari laptop yang mengalami hang sebagai berikut.

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di PC

laptop yang hang itu suatu peristiwa dimana komputer tidak dapat menjalankan proses atau ada sistem yang eror saat komputer bekerja, dan hal itu ada banyak penyebabnya.

Berikut adalah penyebab dan juga hal yang harus kita hindari pada pemakaian laptop atau komputer.

Ram atau Memori yang rendah

Masalah laptop hang karena RAM tidak diinstal. Ini diketahui oleh semua pengguna laptop.

Karena itu, periksa ukuran memori yang dipasang. Untuk laptop Intel Pentium 4 dengan sistem operasi Windows XP dan aplikasi standar, disarankan untuk meningkatkan RAM hingga minimal 1 GB.

Terlalu banyak program yang diinstal

Klik [Tambah / Hapus Program] di Control Panel, hapus program yang tidak perlu, dan periksa program yang diinstal.

Semakin banyak program diinstal, semakin banyak program dan layanan akan berjalan ketika Windows mulai.

Masukkan msconfig di menu Jalankan dan panggil program konfigurasi sistem untuk menonaktifkan program dan layanan awal yang dijalankan secara otomatis.

Selanjutnya, pada tab Layanan dan Peluncuran, nonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan. Untuk melihat aplikasi mana yang sedang berjalan, Anda dapat menggunakan alat Proses Explorer.

Dengan alat ini Anda dapat melihat dan menonaktifkan (menghentikan) aplikasi yang tidak diinginkan atau mencurigakan.

File yang Membengkak

Alasan berikutnya laptop hang adalah untuk mengembang file sementara. Di Windows XP file berada di bawah “C: \ Documents and Settings \ Username_User \ Local Settings \ Temp” dan “C: \ WINDOWS \ Temp”.

Hapus file di kedua tempat untuk membersihkannya, atau klik Jalankan untuk menjalankan program pembersihan disk. Masukkan “cleanmgr” dan pilih drive yang akan dibersihkan.

Hardisk yang bermasalah

Hard disk adalah komponen kedua setelah RAM dan dapat menyebabkan laptop macet. Masalah dengan menggantung laptop karena hard drive disebabkan oleh hal berikut:

  • Tidak cukup ruang.
  • Hard drive yang terfragmentasi.
  • Hard drive sudah tua, kecepatan turun.
  • Bad sector

Terlalu banyak program berjalan

Program keamanan seperti program antivirus dan firewall adalah aplikasi tambahan yang dapat digunakan pada laptop. Namun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan. Misalnya, instal beberapa program antivirus secara bersamaan.

File sistem hancur atau Error

Ini biasanya terjadi setelah laptop terinfeksi virus dan file yang terinfeksi hancur atau dihapus. Solusi paling sederhana adalah memperbaiki sistem operasi yang digunakan.

Adanya virus, malware atau spyware

Jika laptop Anda telah diserang oleh virus atau malware, Anda perlu menjalankan Mode Aman Windows, menonaktifkan Pemulihan Sistem, dan menggunakan program pembersihan virus.

Over Heat

Overheating hard drive, Itu terjadi pada hard drive, kartu VGA, prosesor atau CPU, mempengaruhi kinerja laptop dan menyebabkan laptop secara otomatis menggantung, memperlambat atau memulai kembali

Untuk alasan ini, pastikan sirkulasi udara dan kipas di CPU berfungsi dengan baik sehingga bebas debu dan berfungsi dengan lancar.

Cara Mengatasi Laptop Hang pada Windows 7,8,8,1 dan 10

Cara Mengatasi Laptop Hang

Baca juga: Antivirus Terbaik PC

Memperbaiki masalah laptop hang saat memasuki BIOS

  • Pertama restart laptop Anda dan kemudian masuk ke mode BIOS. Ketika Anda beralih ke mode BIOS, ada tombol berbeda untuk setiap laptop tergantung pada merek laptop.
  • Saat memasuki layar BIOS, pilih [Fitur BIOS Lanjut] dan cari cache BIOS. Dalam hal ini, nonaktifkan opsi.
  • Kemudian tekan F10 untuk menyimpan dan tekan Enter.

Cara mengatasi laptop hang saat startup

Laptop tiba-tiba bisa macet saat memulai Windows. Ini dapat memiliki berbagai penyebab:

  • Ada masalah dengan program Windows. Sistem file mungkin tidak ada, hancur, atau terinfeksi virus. Pindai registri Anda dengan CCleaner dan cari virus dalam program perlindungan virus Anda.
  • RAM dan kotoran kipas. Solusinya adalah membersihkan RAM dengan penghapus, kuas, atau penyedot debu. Jika ragu, hubungi teknisi terkemuka. Cara lain untuk menganalisis lebih baik.
  • Ini mungkin karena masalah dengan motherboard. Jika Anda mencoba untuk meningkatkan, tanyakan spesialis.

Mengatasi laptop yang lag

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan hal berikut:

  • Tekan Ctrl + Shift + Esc, pilih program yang tidak merespons, dan klik Akhiri Tugas.
  • Untuk metode lain, tekan Ctrl + Alt + Del dan kemudian pilih opsi. Untuk mematikan program, pilih Task Manager dan ikuti langkah-langkah di atas.
  • Setelah itu, biasanya laptop kembali normal.

Atasi laptop hang saat bermain game

Ada beberapa alasan lain mengapa laptop hang saat bermain game.

  • Data teknis laptop tidak mencukupi.
  • Kipas laptop mati.
  • Masalah hard drive.
  • Prosesor dan VGA Card panas.
  • RAM buruk atau kartu VGA.

Mengatasinya sebagai berikut:

  • Sesuaikan spesifikasi laptop dengan spek gamenya.
  • Pasang pendingin tambahan di laptop (kipas, Dll)
  • Periksa driver kartu VGA dan Ram usage
  • Hapus instalan game.

Baca juga: Browser Tercepat PC

Demikian itulah pembahasan dari kami mengenai Cara Mengatasi Laptop Hang yang telah kami jelaskan pad artikel kali ini. dengan langkah diatas , anda dapat mencobanya pada komputer ataupun laptop anda dirumah.

Terimakasih Telah berkunjung pada web kami. cek artikel kami yang lainnya, Karena kami menyajikan banyak tips dan trik serta Tutorial seputar teknologi terbaru. Terimakasih.

Bagikan

Also Read