Sogi Pupus, Ciptakan Lagu Lamongan Tercinta, Buktikan Cintanya Pada Kota Soto ini

moch akbar fitrianto

Sogi Pupus, Ciptakan Lagu Lamongan Tercinta, Buktikan Cintanya Pada Kota Soto ini
Bagikan

Berita Lamongan – Indonesia dan Lamongan khususnya masih berkutat menghadapi pandemi Covid-19. Hal ini tentu membuat warga dan penduduk setempat kesulitan melakukan pergerakan atau beraktifitas seperti dulu.

Namun karena hal ini juga yang membuat Sogi Asdeni Pupus warga Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan muncul ide ide kreatifnya untuk lamongan.

Sebagai bukti kecintaannya terhadap Kabupaten Lamongan, Sogi menciptakan lagu untuk kota soto tersebut. Lagu itu ia beri judul “Lamongan Tercinta,” ia terinspirasi dari lagu yang dipopulerkan oleh grup band KLA Project yang berjudul Yogyakarta.

Baca juga : Warga Nekat Membongkar Paksa Jalan Tembusan Menuju Jl Pahlawan Lamongan

Baca Juga  Kawasan Lamongan, Gresik Dan Surabaya Disebut BNPB Bestatus Darurat Gempa

Baca juga : Jembatan Ambrol Di Kawasan Putat, Turi Lamongan Warga Desa Bingung Cari Jalan Lain

Menurutnya, lagu ciptaan Katon Bagaskara ini mampu menjadi salah satu lagu ikonik yang menggambarkan kehangatan kota Yogyakarta. Dari situ, Sogi terpacu untuk menciptakan lagu untuk Lamongan. “Saat merantau di Yogja dan ngerti lagu Yogyakarta dari KLA Project, timbul rasa rindu dan kecintaan yang tinggi terhadap Lamongan, sehingga saya ingin buat lagu persembahan untuk Lamongan,” ungkap Sogi, Senin (28/04/2021).

Proses pembuatan lagu tersebut berlangsung selama kurang lebih 1 tahun. Ia berharap lagu itu bisa memberikan warna baru dan menjadi motivasi bagi pemuda Lamongan agar lebih mencintai daerahnya. “Kurang lebih 1 tahun proses pembuatannya, mulai dari lirik, aransemen, recording, sampai video klipnya,” ujar pria berambut gondrong tersebut.

Baca Juga  Gempa Hari Ini Di Tuban, Terasa Sampai Gedung Pemkab Lamongan, Pegawai Berhamburan

Tak hanya itu, saat ini Sogi juga sedang menyelesaikan lagu ciptaannya yang ia dedikasikan bagi tim sepakbola kesayangannya, Persela Lamongan, yang akan ia beri judul “Jayalah Perselaku.”

Dalam proses pembuatan, ia mengaku telah berkolaborasi dengan Gamelawan yang digagas oleh Kholis Kurniawan, Youtuber asal Lamongan yang sempat menjadi trendsetter di media sosial. “Di lagu untuk Persela kali ini, kita sisipi unsur gamelan, aransemennya ada versi Jawanya atau berlaras gamelan, tapi belum kita rilis secara resmi,” jelasnya kepada beritajatim.com

Baca Juga  Yuhronur Efendi, Bupati Lamongan Ungkapkan Tak Mau Lagi Lihat Anak PUtus Sekolah Karena Biaya

Sogi berharap, dengan adanya unsur gamelan itu, para remaja bisa meresapi dan mengapresiasinya. Para remaja nantinya lebih mencintai gamelan sebagai musik tradisi negeri sendiri. Hingga saat ini, sudah banyak lagu yang ia ciptakan, di antaranya ada Lamongan tercinta, Endapkan rindu, Meraih mimpi, Membuka Cakrawala, dan lain-lain yang ia upload di channel Youtubenya.

Video Lagu Lamongan Tercinta Dari Sogi Pupus

Bagikan

Also Read