Pemkab Lamongan Siapkan Jalur Alternatif Mudik 2022

moch akbar fitrianto

Pemkab Lamongan Siapkan Jalur Alternatif Mudik 2022
Bagikan

Berita Lamongan – Untuk para pemudik yang akan masuk atau keluar Lamongan tahun 2022 ini. Pemerintah Kabupaten Lamongan dan Polres Lampngan sudah menyiapkan jalur alternatif arus mudik sebagai antisipasi kemacetan di jalan pantura dan wilayah setempat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan, Heru Widi mengatakan beberapa jalur alternatif yang disiapkan untuk meminimalisir kemacetan arah Surabaya ke Babat yakni melalui Deket Kulon sampai Sukodadi.

Kemudian, dari kawasan Ngimbang/Jombang ke Bojonegoro melalui Karang Asem sampai Jalan Patung Sapi, lalu arah Surabaya ke Bojonegoro Jombang melalui Jalan Gotong Royong, dan arah Ngimbang/Jombang ke Surabaya melalui Jalan Babat sampai Lamongan.

Baca Juga  Temuan Mayat Di Proyek Bangunan Sukomulyo, Lamongan

Selain itu, kata dia, juga akan disiapkan pengaturan pembatasan operasional angkutan barang, yang mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2022.

“Untuk arus mudik, kami lakukan pembatasan angkutan barang mulai tanggal 28 April hingga 1 Mei 2022, dan arus balik mulai 6 sampai dengan 9 Mei 2022,” kata Heru, dalam siaran persnya, Selasa (26/4).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Lamongan, Sujarwo mengatakan, untuk persiapan arus mudik juga telah dilakukan pemeliharaan rutin jalan di 71 ruas, termasuk di beberapa ruas kritis.

Baca Juga  Kawasan Lamongan, Gresik Dan Surabaya Disebut BNPB Bestatus Darurat Gempa

“Kami melakukan penanganan darurat jalan dan jembatan, melakukan pemasangan rambu-rambu, dan mengaktifkan pelayanan Sistem Informasi Respon Keluhan Jalan dan Jembatan, atau Sirkel Plus,” katanya.

Layanan itu, kata dia, untuk menampung keluhan masyarakat terkait infrastruktur yang dapat diakses 24 jam, dan langsung direspon PU Bina Marga.

“Layanan itu juga bisa diakses di sirkelplus.lamongankab.go.id atau melalui nomor 082142565600,” katanya, menjelaskan.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mengimbau masyarakat Kabupaten Lamongan untuk terus menjaga agar jangan sampai euphoria mudik ini berlebihan, dan mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker.

Baca Juga  Jamaah Haji Lamongan Dapat Kloter Awal, Berangkat Mulai 11 Mei 2024

“Sampaikan kepada masyarakat, bentuk menyayangi keluarga, sanak saudara, dan orang di sekitar kita adalah dengan vaksinasi booster, ini harus terus disosialisasikan dan digalakkan. Terus bersinergi, fokus, saya tidak ingin mendengar ada camat yang tidak fokus dan tidak peka terhadap masyarakat. Ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Bagikan

Also Read