Mau beli HP bekas? Lihat Cara Cek HP Xiaomi Second Sebelum Membeli Terbaru Tahun Ini

Nur Chafshoh

Mau beli HP bekas? Lihat Cara Cek HP Xiaomi Second Sebelum Membeli Terbaru Tahun Ini
Bagikan

Cara Cek HP Xiaomi- Sebelum membeli ponsel, yang terbaik adalah memeriksa persyaratan terlebih dahulu. Bagaimana cara mengecek ponsel Xiaomi yang bisa kita lakukan mulai dari pemeriksaan fisik hingga sistem.

Xiaomi adalah merek smartphone yang saat ini sangat populer di Indonesia. Di Indonesia, Xiaomi dapat bersaing dengan merek besar lainnya seperti Samsung atau iPhone.

Xiaomi terkenal dengan harganya yang murah dengan spesifikasi yang sangat bagus. Jadi jangan heran jika orang-orang saat ini lebih suka menggunakan smartphone Xiaomi daripada merek lain.

Nah, bagi kita yang memilih untuk membeli ponsel Xiaomi, terutama jika kita membeli ponsel bekas. Jadi, Anda harus sangat berhati-hati saat memeriksa. Karena namanya adalah bekas, kita tidak tahu apakah ponsel itu masih normal atau tidak.

Cara Cek HP Xiaomi Bagian Fisik

Cara Cek HP Xiaomi

Lihat juga: Cara Membersihkan Casing HP

Cara pertama yang sangat sederhana adalah memeriksa HP yang sebenarnya. Bagi sebagian orang, kondisi fisik mungkin tidak penting, tetapi tidak ada salahnya jika kita juga melihat keluar dari ponsel.

Seperti bodi belakang dan samping, tombol power, tombol volume dan lainnya. Berikut ini rincian bagian fisik yang perlu kita periksa:

Cara Cek HP Xiaomi Bagian Fisik :

  1. Periksa Layar LCD

    yang pertama adalah layar HP, pastikan layar HP bersih, tidak ada retak atau bahkan patah. Selain itu, kami juga harus memastikan bahwa layar sentuh normal. Saat kita menyentuh layar, pastikan masih merespons, dan jangan melompat ke mana-mana.

  2. Periksa Body hp

    Tubuh HP sejauh mungkin tidak ada yang hancur atau patah. Jika ada lepuh, gunakan masih masuk akal.

  3. Periksa Tombol

    Tombol HP juga sangat penting untuk kita periksa. Tombol-tombol dalam bentuk tombol atau volume daya harus memastikan bahwa mereka bekerja secara normal.

  4. Periksa segel

    Segel adalah bagian penting dari HP. Lebih baik tidak membeli ponsel dengan segel yang hancur. Karena kemungkinan besar ponsel itu dibuka.

Lihat juga: Cara Cek HP Samsung

Cara Cek HP Xiaomi pada Mode Engineering

Setelah selesai mengecek kondisi fisik ponsel Xiaomi. Kemudian kami menggunakan mode rekayasa untuk memeriksa sistem dari ponsel Xiaomi.

Cara ini bisa dilakukan di semua jenis ponsel Xiaomi. Dimulai dengan redmi 3, redmi 4, redmi 4x, redmi 5a, redmi note 5a, redmi 6a, mi a1, dan jenis Xiaomi lainnya.

Dalam mode rekayasa ini, kita dapat mengetahui bahwa perangkat keras dari HP masih normal atau tidak.

Metode ini cukup mudah untuk membuka menu dial pad, lalu masukkan kode * # 64663 # * # *. Maka secara otomatis kita akan masuk ke mode rekayasa.

Maka banyak daftar akan muncul. Di sana kita bisa memilih satu per satu mesin yang akan kita uji.

  • Keyboard: Berguna untuk memeriksa fungsi keyboard di ponsel Xiaomi. Termasuk tombol power, volume naik, volume turun, back, home, dan menu.
  • Backlight: Berguna untuk memeriksa apakah monitor HP Anda dapat redup atau tidak. Dengan kata lain, fitur ini memeriksa kecerahan tampilan HP.
  • Layar LCD: Fitur untuk memeriksa warna pada layar. Cara kerja fitur ini adalah menampilkan warna-warna dasar seperti merah, hijau, dan biru.
  • Touchpal: Berfungsi untuk memeriksa apakah layar sentuh berfungsi normal atau tidak. Melalui fitur ini, kami akan meminta Anda untuk menggeser jari kami di satu sisi layar. Lalu pergi ke sisi lain secara keseluruhan. Tes ini wajib bagi kami, karena jika hasil tes menunjukkan bahwa itu gagal, ada kerusakan pada layar sentuh.
  • Indikator LED: Memeriksa lampu notifikasi di bagian tengah tubuh Xiaomi HP.
  • Baterai: Berguna untuk memeriksa baterai. Bagian ini sangat penting untuk kita periksa, jadi jangan sampai ketinggalan!
  • Bluetooth: Di sini HP akan secara otomatis mendeteksi jika ada kesalahan Bluetooth.
  • GPS: Mirip dengan Bluetooth, pemindaian GPS akan berjalan secara otomatis.
  • Speaker: Pada fitur tes speaker, kami mendapatkan sekitar 3 atau 4 jenis suara yang berbeda. Dari suara percakapan, musik dan nada dering. Pastikan semua suara yang keluar dari speaker normal dan tidak ada suara.
  • Proxymity Sensor: Mendeteksi gerakan pada ponsel Xiaomi.
  • Gyro Sensor: Berguna untuk mendeteksi pergerakan layar berdasarkan gravitasi. Fitur ini sangat penting untuk pemain dengan mode Gyro.
  • MiuiMainCamera dan FrontCamera: Memeriksa status kamera pada ponsel Xiaomi. Baik kamera depan dan kamera belakang.
  • Headphone: Berguna untuk pengujian pada headphone dan port headphone itu sendiri.

Lihat juga: Cara Flash HP Samsung

Demikian itulah cara untuk pengecekan Hp Xiaomi yang harus anda lakukan jika anda membeli barang bekas, Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Bagikan

Also Read