Jalur Kereta Api Menuju Jl Pahlawan Resmi Ditutup KAI Hari ini, Begini Alasannya

144

Berita Lamongan – Para pengguna jalan yang terbiasa lewat Jl Pahlawan dari jalan raya utama harus putar balik. Karena jalur tersebut ditutup. Mereka kecewa dan harus balik kanan saat hendak menyeberang di perlintasan KA tersebut, baik yang dari selatan maupun utara.

Pasalnya, mulai Selasa (27/4/20219) sekitar pukul 09.00 WIB di kanan kiri double track ditutup dan dipasang patok beton oleh petugas PT KAI Daop 8 Surabaya. Selama ini perlintasan itu masih bisa dilalui para pengguna jalan yang hendak menuju kota maupun dari kota Lamongan, meski hanya pengguna sepeda motor, pejalan kaki maupun pengguna sepeda kayuh.

Baca juga : Nekat Kasih Servis Di Bulan Ramadhan, Purel Kafe di Babat, Lamongan Ini Kena…

Baca Juga : Salah Satu Awak Kapal Selam Nanggala 402 Dari Sukodadi…

“Nah sekarang ditutup total, kami harus mencari jalan alternatif masuk jalan Sunan Giri dari jalan raya nasional, ” gerutu Fahrudin warga Turi yang setiap pagi melintas menuju Pasar Sidoharjo, Selasa (27/4/1/2021).

Sementara dari bagi pengguna jalan dari selatan jalan nasional praktis harus memutar melalui Jalan Simpang Lima, Jalan Laras Liris atau Jalan Lamongrejo.

Warga berharap, PT KAI tetap memberi kelonggaran untuk pengguna jalan, baik pengguna sepeda motor maupun pejalan kaki.

Warga petambak yang hanya membawa sedikit hasil panen yang diangkut dengan motor maupun sepeda angin biasanya melintas di jalur perlintasan yang ditutup tersebut.

Seperi masyarakat Balun, Rangkah, serta warga wilayah Kecamatan Turi lainnya.

“Kalau mobil dilarang kami memaklumi, nah ini pengguna motor aja tidak diberi kesempatan, ” kata Sayuti asal Rangkah. Kalau dalihnya membahayakan, mestinya pemerintah bisa menempatkan petugas jaga dan dibayar oleh pemerintah.

Tak hanya pengguna jalan yang kecewa, para PKL yang selama ini mangkal di jalur jalan Pahlawan juga merasa dirugikan.

Biasanya mereka mengandalkan pembeli dari warga yang melintas di jalan tersebut. Kini praktis tidak harapan lagi dagangannya akan laku. “Di saat kondisi ekonomi masyarakat kecil kayak begini kok PT KAI tega menutup perlintasan KA di jalan Pahlawan,” kata salah satu PKL di jalan Pahlawan.

Jauh hari sebelum dieksekusi dipatok, pihak KAI Daop 8 Surabaya sudah memasang spanduk bertuliskan Demi Keselamatan Bersama Perlintasan Ini Akan Ditutup Mohon Mencari Alternatif Jalan Lain dan di pojok kanan bawah tertanda PT KAI Daop 8 Surabaya yang dipasang di portal besi.

Saat pemasangan patok beton di kanan kiri KA pagi tadi, PT KAI juga menerjunkan sejumlah anggota Polsuska.

Mereka tidak hanya menjaga saat eksekusi, tapi di antaranya mengarahkan pengguna jalan untuk balik kanan dan mencari jalan alternatif. (sumber : surya.co.id)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More