Pemdes Napis, Tambakrejo, Gelar Musdes Penetapan Penerima BLT Melalui DD 2020

Sukisno

Pemdes Napis, Tambakrejo, Gelar Musdes Penetapan Penerima BLT Melalui DD 2020
Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Napis, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, gelar Musyawarah Desa (Musdes) di Balai Desa setempat, Minggu (26/4/2020) malam.

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar serta berhasil melaksanakan penetapan Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), bagi warga pinggiran hutan yang terdampak Virus Corona (Covid-19) itu.

Di tengah Pandemi Covid-19 ini, Pihak Pemdes bersama lembaga desa dan tokoh masyarakat melaksanakan musdes, dengan harapan untuk melakukan percepatan proses pencairan BLT yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat itu.

Kepala Desa Napis Mulyono dalam sambutannya bahwa berharap agar bantuan bisa diterima mereka yang berhak atau tepat sasaran.

“Kami berharap agar Ketua RT dan Ketua RW  jika mendata warga calon penerima BLT harus memperhatikan kriteria sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 6 Tahun 2020,” ungkapnya.

Masih menurut Mulyono, ada 14 kriteria yang menjadi acuan warga yang bisa menerima BLT itu. Sehingga bantuan yang diberikan bisa diterima mereka yang layak, terutama diprioritaskan bagi warga yang tidak mampu alias miskin.

Dalam Kesempatan yang sama, Rohmat Sholeh  Pendamping Kecamatan Tambakrejo menyatakan bahwa dalam penyaluran BLT yang dananya bersumber dari Dana Desa Tahun 2020 itu harus tepat sasaran.

“Mereka yang menerima, bukan warga yang telah memperoleh bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), bukan mereka yang telah teria BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dari Pemerintah Pusat dan BPNT Daerah serta bukan mereka yang menjadi penerima Kartu Pra Kerja,” ungkapnya.

 Ditambahkan, BLT akan disalurkan Rp 600 ribu selama tiga bulan, sejak buLan April ini. Program Pemerintah Pusat ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak Virus Corona. Dengan harapan bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat selama wabah tersebut berlangsung. 

Hadir dalam acara tersebut Arifin Pendamping Desa, Anggota Polsek Tambakrejo Aiptu Mahmudi, Anggota Koramil Tambakrejo Serma Sudarman, BPD dan lembaga desa lainya, Perangkat desa, PKK, Tokoh Masyarakat, Para Ketua RT, Ketua RW, Tokoh Agama dan Karangtaruna, serta undangan lainnya. 

**(Yan/Red).

Bagikan

Also Read