Ribuan WNI di Arab Saudi Laksanakan Salat Idul Fitri 1444 H di Wisma Konjen RI Jeddah , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Ribuan WNI di Arab Saudi Laksanakan Salat Idul Fitri 1444 H di Wisma Konjen RI Jeddah Pencarian seputar Berita Nasional di dunia maya kian banyak dikerjakan masyarakat Indonesia, padahal sebetulnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Ribuan WNI di Arab Saudi Laksanakan Salat Idul Fitri 1444 H di Wisma Konjen RI Jeddah ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Lantunan takbir dan tahmid menggema di fajar 1 Syawal 1444 H di halaman Wisma Konjen RI Jeddah Arab Saudi.

Sekitar 1.400 orang WNI turut serta merayakan kebahagiaan dan kebersamaan silaturahmi dalam rangka melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 H yang jatuh pada Jumat (21/4).

Salat Idul Fitri dilaksanakan menyusul pengumuman dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat (21/40), setelah para ahli melihat adanya hilal pada Kamis malam.

Penyelenggaraan salat Idul Fitri oleh KJRI Jeddah dengan mengundang masyarakat Indonesia di Arab Saudi. Masyarakat yang hadir dalam kesempatan tersebut termasuk para PMI, pelajar/mahasiswa, profesional, tokoh masyarakat, perwakilan organisasi masyarakat, serta diaspora Indonesia.

Konjen RI Jeddah, Eko Hartono menyampaikan salam hangat dan kebahagiaan karena Salat Idul Fitri tahun ini dapat diselenggarakan secara normal tanpa adanya pembatasan seperti sebelum pandemi Covid-19.

”Alhamdulillah saat ini sudah tidak lagi ada pembatasan karena Covid-19, sehingga kita dapat melaksanakan Salat Id meskipun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan kepada jamaah yang datang ke tempat salat,” kata Eko Hartono.

Bertindak selaku imam sekaligus khatib dalam salat adalah Ahmad Musyaddad yang sehari-harinya bertugas sebagai penterjemah resmi di Masjidil Haram, Makkah.

Khotib Musyaddad menyerukan betapa beruntungnya telah menyelesaikan sebuah karunia berupa ibadah Ramadan dan bersama mencapai kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri. Lantunan doa dipanjatkan berulang-ulang kepada orang tua baik yang masih bersama di dunia maupun yang telah dipanggil Allah SWT semoga diberikan limpahan pahala dan tempat terbaik di sisi Allah.

Acara Salat Idul Fitri dilanjutkan dengan halalbihalal yang merupakan sebuah kearifan lokal bangsa Indonesia yang tidak terlupakan pada saat Hari Raya.

Konjen RI Jeddah Eko Hartono didampingi Sawitri Kuswandani Eko Hartono dan para jamaah yang hadir bersalam-salaman, beriringan saling memaafkan dibalut dengan rasa bersyukur.

”Atas nama pribadi beserta keluarga besar KJRI Jeddah mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah kepada seluruh masyarakat Indonesia di Arab Saudi, khususnya di wilayah kerja KJRI Jeddah. Mohon maaf lahir dan batin,” ucap Konjen RI Jeddah Eko Hartono.

Talabul Amal, salah seorang WNI di Arab Saudi yang merupakan pekerja profesional di salah satu lembaga riset di Arab Saudi menyampaikan, apresiasinya atas pelaksanaan salat Idul Fitri yang diselenggarakan KJRI Jeddah.

”Saya sangat bahagia karena dengan diadakannya Salat Idul Fitri seperti ini dapat menjalin silaturahmi dengan handai taulan dan masyarakat Indonesia di Arab Saudi,” ujar Talabul Amal.

Dia menyatakan, kebahagiaan dan keharuan berkumpul di tengah-tengah masyarakat Indonesia di perantauan dapat menjadi obat rindu akan kehangatan suasana Idul Fitri di tanah Air.

Dikutip dari Jawa Pos

Exit mobile version