Alokasi Penambahan Kuota Haji 2019, Diprioritaskan Bagi Lansia

Sukisno

Bagikan

JAKARTA – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyatakan pemerintah telah memberikan prioritas alokasi khusus bagi calon jemaah haji Indonesia tahun ini yang sudah lanjut usia (Lansia) untuk mengisi kuota tambahan 10 ribu orang dari Kerajaan Arab Saudi.

Hal itu ia sampaikan usai rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI bersama Kementerian Agama dan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) yang membahas anggaran terkait penambahan kuota haji Indonesia tahun 2019 di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Lukman lantas merinci tambahan kuota 10.000 jamaah haji itu akan dibagi secara proporsional untuk seluruh provinsi di Indonesia. Ia menyebut kuota setiap provinsi turut ditentukan berdasarkan penghitungan satu per mil dari jumlah populasi muslim dalam satu provinsi.

“Tentu karenanya antara satu provinsi dengan provinsi yang lain berbeda-beda, maka 10.000 tambahan kuota ini akan dibagikan didistribusikan dengan pendekatan proporsionalitas seperti tadi masing-masing kuota itu,” kata Lukman.

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan pemerintah telah memberikan prioritas alokasi khusus bagi calon Jemaah haji Indonesia tahun ini yang sudah lanjut usia (Lansia) untuk mengisi kuota tambahan 10 ribu orang dari Kerajaan Arab Saudi.

Usai dibagikan secara proporsional ke masing-masing provinsi, Lukman merinci sebanyak 25 persen alokasi tambahan itu akan diberikan kepada calon jemaah haji lansia dan 25 persen untuk para pendamping calon jemaah haji lansia tersebut.

“Dan sisanya 50 persen itu diberikan kepada jamaah sesuai dengan daftar tunggu yang ada di masing-masing provinsi,” katanya.

Lukman turut menyatakan penambahan 10 ribu jamaah haji Indonesia itu diperuntukkan khusus bagi jamaah haji reguler. 

“Karena itulah yang menjadi ketentuan sebagaimana yang kita lihat dalam sistem e-Hajj yang ada pada pemerintah Saudi Arabia,” kata politikus PPP tersebut.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Sebelumnya, pada 16 April lalu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saudi menyetujui penambahan 10 ribu jemaah pada kuota haji Indonesia tahun ini.

Menyikapi hal tersebut, Komisi VIII DPR, Kementerian Agama, dan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) pun menggelar rapat kerja hari ini. Dari rapat kerja itu disepakati penambahan sekitar Rp353,7 miliar.

*) Artikel ini sebelumnya sudah tayang di: CNN Indonesia

Bagikan

Also Read