Siapa Jozeph Paul Zhang ?, Ini Profil Dan Biodatanya

moch akbar fitrianto

Bagikan

Youtuber bernama Jozeph Paul Zhang sedang viral di internet karena ucapan yang dia katakan dalam chanellnya. Pria ini bernama asli Shindy Paul Soerjomoeljono.

Dia sekarang juga tengah diburu olehpihak kepolisian. Sementara itu, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Gomar Gultom, meragukan identitas Jozeph Paul Zhang sebagai pastor atau pendeta agama Kristen.

Hal tersebut diungkapkan Gomar menanggapi gelar Ps atau Pastor dan Master of Theology yang digunakan Jozeph dalam berbagai kontennya di akun YouTube miliknya.

Gomar menyebut, jabatan pendeta itu melekat pada jabatan gerejani dan terhubung dengan gereja tertentu.

“Saya tidak tahu beliau dari gereja mana, jadi saya meragukan kependetaannya,” sebut Gomar, Senin (19/4/2021) dikutip dari Kompas.com.

Lalu Siapa Jozeph Paul Zhang Ini ?

Berikut data profil dan fakta yang bisa kami berikan untuk anda

Nama Asli
Diketahui Jozeph Paul Zhang hanyalah nama akun Youtube dan bukanlah nama sebenarnya pria yang mengaku sebagai nabi dan menghina agama Islam tersebut. Diketahui nama aslinya adalah Shindy Paul Soerjomoelyono.

“Sesuai data perlintasan, namanya Shindy Paul Soerjomoelyono,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi, Senin (19/4/2021).

“Paul Zhang itu nama akun YouTube-nya,” sambungnya.

Berada di Luar Negeri
Jozeph Paul Zhang tercatat meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong tanggal 11 Januari 2018 dengan paspor yang diterbitkan Imigrasi Semarang dengan masa berlaku hingga 19 Maret 2022. Sementara itu, pelapor Jozeph, Husin Shahab, mengklaim mendapat informasi bahwa Jozeph berada di Jerman.

Duta Besar RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, menduga Jozeph Paul Zhang, yang mengaku sebagai nabi ke-26, telah keluar dari Jerman. Sampai saat ini, pihak pemerintah Indonesia masih menyelidiki keberadaan yang bersangkutan.

“Infonya sudah keluar dari Jerman. Kita lagi lacak,” ucap Arif saat dihubungi, Minggu (18/4/2021).

Menurut Arif, Jozeph infonya hanya beberapa bulan di Jerman. Namun, Arif masih mengecek mengenai info tersebut.

“Dia di Bremen hanya 6 bulan infonya. Nah, sekarang lagi kita cek,” katanya.

Polri Gandeng Interpol Tangkap Jozeph
Seperti dikutip Antara, Minggu (18/4/2021), Bareskrim Polri berkoordinasi dengan Interpol untuk memburu keberadaan Jozeph Paul Zhang. Hal itu agar Jozeph Paul Zhang bisa dideportasi dari negara tempat dia berada.

“Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau nggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan,” kata Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

Bareskrim Polri bekerja sama dengan kepolisian luar negeri dan membuat daftar pencarian orang (DPO) terhadap Jozeph Paul Zhang.

Agus menjelaskan, penyidik Bareskrim bisa menindak dengan membuat laporan temuan terkait dengan konten intoleran tersebut. Menurut Agus, konten intoleran yang menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyarakat bisa merusak persatuan dan kesatuan.

“Kalau yang seperti itu kan bisa dibuat laporan temuan penyidik atas konten intoleran, menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyarakat, merusak persatuan dan kesatuan, sesuai dengan SE Kapolri kan ditindak tegas,” kata Agus.

Bagikan

moch akbar fitrianto

Penulis berita professional tentang Sepak bola dan berita - berita lokal lamongan. Sudah menjadi penulis sejak tahun 2016. Dan menyukai menulis sejak di Bangku Sekolah Menengah Atas

Related Post