KH Auliyaur Rokhim Jadi Imam dan Khotib, Sholat Idul Fitri di Masjid Baiturrohman Baureno

Sukisno

KH Auliyaur Rokhim Jadi Imam dan Khotib, Sholat Idul Fitri di Masjid Baiturrohman Baureno
Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Masjid besar Baiturohman, yang berada di Raya Pasinan, turut Desa Pasinan, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Jawa timur, menggelar Sholat Idul Fitri 1444 Hijriyah, Sabtu (22/4/2023).

Bertindak sebagai imam dan khotib KH Auliyaur Rokhim,S.Hum,MM, dari Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotul Ulum, Bojonegoro. Sedangkan bilal dipercayakan kepada Ustad Ahmad Masduki.

Dalam Khutbah Sholat Idul Fitri dimulai pukul 06:15 WIB, disampaikan tentang  pentingnya bertaqwa terhadap Allah SWT. Pihaknya mengajak jamaah untuk menjalankan sunah rosul sehingga memperoleh syafaatnya di yaumul akhir nanti.

“Nikmat sehat membuat kita bisa bertemu dengan bulan Ramadhan 1444 Hiyriyah dan berharap kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun berikutnya. Agar kita bisa dipertemukan dengan bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT,” ungkap KH Auliyaur Rokhim dalam khutbahnya, di Masjid besar Bairohman, Sabtu (22/4/2023).

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Lanjut KH Auliyaur Rokhim, berapa banyak saudara-saudara muslim yang tidak bisa dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan karena mereka telah dipanggil oleh Allah SWT alias meninggal dunia sebelum Ramadhan tiba. Bulan Romadhon yang telah pergi itu, tidak perlu ditangisi karena tahun depan akan ada bulan romadhon lagi.

“Yang perlu dipertanyakan pada diri kita masing-masing, bagaimana ibadah puasa kita, sholat tarawih kita dan berbagai ibadah di bulan romadhon tahun ini. Sudahkah kita memanfaatkan romadhon sebagai bulan madrasah sehingga semakin bisa meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT. Jika begitu, kita menjadi maklhuk yang sangat beruntung setelah ditinggalkan Ramadhan tahun ini,” kata KH Auliyaur Rokhim menegasakan.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Lanjut KH Auliyaur Rokhim, bahwa berbuka puasa dan makan sahur merupakan pelajaran bagi umat Islam untuk selalu makan bersama keluarga atau orang lain sehingga makin terjalin keakraban dan bisa memberi perhatian terhadap orang lain, termasuk terhadap orang-orang miskin.

“Puasa memiliki faedah kesehatan terutama untuk mencegah penyakit lambung. Dimana, Romadhon mendidik pola hidup sehat termasuk diet yang paling aman dan bagus itu adalah dengan cara berpuasa. Makanya Jika ada orang yang mau dioperasi maka oleh dokter disuruh berpuasa. Romadhon mendidik hidup sederhana dan sehat,” tandasnya.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Di akhir khutbahnya, disampaikan dengan berkumandangnya takbir di hari raya Idul Fitri tahun ini, agar dimanfaatkan untuk saling bermaaf-maafan.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read