Bisakah Crypto Menjadi Media Untuk Exchange Atau Jual Beli ?

moch akbar fitrianto

Bisakah Crypto Menjadi Media Untuk Exchange Atau Jual Beli ?
Bagikan

Tekno, Rakyatnesia – Pengguna Cryptocurrency telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Faktanya, menurut laporan Triple-A 2021, jumlah pengguna crypto telah melampaui 300 juta. Oleh karena itu, ini mengarah pada pertanyaan, dapatkah kripto menjadi alat tukar?

Sejak pengembangan crypto pertama, Bitcoin, pada tahun 2009, banyak crypto lain telah muncul. Menurut survei Maret 2022 oleh Exploding Topics, ada 18.465 cryptos di pasar hingga saat ini.
Namun, terlepas dari banyaknya kripto, Bitcoin tetap dominan di pasar sejauh ini. Cryptocurrency populer lainnya di pasar termasuk Ethereum, Litecoin, dan Ripple.

Pengertian Media Pertukaran ?

Alat tukar adalah produk unik yang digunakan untuk memudahkan pertukaran barang dan jasa dalam suatu perekonomian.
Tiga fitur menjadikan uang sebagai alat tukar terbaik. Fitur-fitur ini adalah:

  • Sebuah penyimpan nilai.
  • Alat tukar yang diterima secara luas.
  • Satuan akun


Beberapa mata uang fiat mungkin melayani fungsi di atas lebih baik atau lebih buruk. Namun semua mata uang fiat harus melayani fungsi ini.

Misalnya, dolar AS adalah media pertukaran yang diterima secara luas. Ini sangat likuid dan digunakan sebagai unit akun untuk barang dan hutang. Namun, dolar AS adalah penyimpan nilai yang buruk karena inflasi.
Di sisi lain, crypto seperti Bitcoin dan Ethereum adalah penyimpan nilai yang luar biasa. Namun tidak seperti dolar AS, crypto belum mencapai likuiditas karena tidak tersebar luas.

Apakah Bitcoin Digunakan Sebagai Media Pertukaran?

Ya! Di beberapa bagian dunia, Bitcoin sudah menjadi alat tukar. Dalam kebanyakan kasus, Bitcoin akan sangat unggul di negara-negara dengan lingkungan hukum yang keras.
Misalnya, pemrotes dari Nigeria, Hong Kong, dan Belarusia telah beralih ke crypto. Ini setelah pemerintah mereka membekukan rekening bank mereka.

Juga, di sebagian besar negara dengan ketidakstabilan ekonomi yang ekstrem, warga negara telah menghasilkan kripto. Dalam kebanyakan kasus, Bitcoin. Contoh negara adalah Venezuela.

Bisakah Crypto Menjadi Media Pertukaran Global?

Bergantung pada jumlah pengguna, beberapa cryptocurrency tidak dapat digunakan sebagai alat tukar. Itu sebabnya Bitcoin, tidak seperti kripto lainnya, memiliki peluang tinggi untuk menjadi alat tukar.
Misalnya, Bitcoin belum mencapai daya tarik yang cukup di negara-negara yang stabil secara politik. Beberapa kritikus mengatakan bahwa ini adalah indikasi utama bahwa Bitcoin telah gagal. Namun, ini adalah faktor yang sama yang menjadikannya cryptocurrency paling sukses.

Kebanyakan orang percaya bahwa menggunakan kripto untuk transaksi harian membuatnya sukses. Dalam hal ini, sebagian besar pertukaran crypto telah meluncurkan kartu crypto mereka. Kartu-kartu ini termasuk kartu Club Swan, Crypto.com, Binance, dan Wirex Crypto.

Cryptocurrency masih muda

Hanya beberapa cryptocurrency yang berusia lebih dari satu dekade. Salah satunya adalah Bitcoin. Bitcoin Memasuki pasar pada tahun 2009, dan dalam 13 tahun, ia telah melampaui nilai pasar sebesar $1 triliun.
Tidak seperti kebanyakan mata uang fiat, Bitcoin dengan cepat mencapai unit akun dan media pertukaran.

Faktor-Faktor Yang Membuat Cryptocurrency (Bitcoin) Media Pertukaran yang Buruk

Bank sentral tidak mengendalikan Bitcoin

Revolusi Bitcoin dimulai pada tahun 2008. Semuanya dimulai dari tautan yang mengarah ke halaman proposal yang mendiktekan semua detail tentang bitcoin.
Proposal tersebut mengatakan bahwa Bitcoin akan menjadi media pertukaran yang hebat antara dua pihak. Para pihak dapat melakukan transaksi anonim tanpa pihak ketiga.

Jadi tidak seperti mata uang fiat, Bitcoin menggantikan kepercayaan institusional dengan konsensus para pihak. Juga, semua transaksi bitcoin diposting di buku besar publik di banyak komputer.
Buku besar ini dapat dilihat oleh pengguna bitcoin mana pun. Juga, buku besar ini menentukan apakah transaksi itu valid atau tidak.

Crypto (Bitcoin) tidak memiliki semua fitur media pertukaran

Salah satu fitur yang membuat mata uang menjadi media pertukaran yang tidak menarik adalah volatilitas. Artinya, jumlah unit yang bisa Anda gunakan untuk membeli barang tertentu bisa sangat bervariasi.

Menurut blog tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto, satu pernyataan berbunyi, “Saya telah mengerjakan sistem uang elektronik peer to peer tanpa pihak ketiga.” Namun, cryptocurrency ini telah menunjukkan volatilitas yang luar biasa.

Misalnya, pada Mei 2021, harga Bitcoin menunjukkan perubahan harga yang signifikan dalam satu hari. Pada hari ini, harga Bitcoin turun 30% dan kemudian pulih sebesar 12%.

Karena pergerakan harga yang gila ini, sulit bagi Bitcoin atau kripto apa pun untuk menjadi alat tukar.
Namun, terlepas dari tantangannya, penerbit kartu crypto telah menemukan jalan keluarnya. Penerbit kartu mengeluarkan kartu yang dapat Anda gunakan kripto Anda untuk transaksi sehari-hari.

Kartu-kartu ini mengonversi kripto di dompet kripto Anda menjadi fiat saat melakukan pembelian. Kartu-kartu ini termasuk Crypto.com, Club Swan, Nexo, dan Binance.


Cryptocurrency beroperasi di luar kendali lembaga keuangan dan pemerintah

Baru-baru ini, ada peningkatan minat pada CBDC (Mata Uang Digital bank sentral). CBDC bermaksud untuk mengganti koin dan uang kertas fisik.
Sampai sekarang, hanya lima negara telah berhasil meluncurkan mata uang ini. Sedangkan 81 lainnya masih dalam tahap penjajakan.

Tidak seperti kripto, CBDC akan mendapat dukungan dari pemerintah dan bank sentral. Jadi mereka cenderung mendapatkan kepercayaan di antara banyak orang dengan mudah. Dengan demikian dengan mudah menjadi sarana pertukaran yang sukses.

Cryptocurrency mempromosikan pembelian barang dan jasa ilegal

crypto untuk kejahatan

Transaksi kripto antar pihak bersifat anonim. Jadi ini menjadikan kripto sebagai media pertukaran yang menarik untuk barang dan jasa ilegal. Misalnya, sebagian besar bisnis di web gelap hanya menerima kripto sebagai bentuk pembayaran.

Mengungkap pihak yang terlibat dalam transaksi kripto mungkin sangat sulit. Namun, ini tidak berarti tidak mungkin. Dengan kerja keras, transaksi Bitcoin dan Ethereum dapat terungkap.
Sementara itu, transaksi seperti Zcash dan Monero terbukti tidak mungkin terungkap. Kripto ini mencoba menawarkan anonimitas ekstra dengan teknologi canggih untuk penyamaran.

Bitcoin menuntut jumlah listrik yang besar, yang dapat menyebabkan efek lingkungan yang merugikan
Untuk mendapatkan cryptocurrency yang baru dicetak, Anda harus melalui penambangan. Penambangan melibatkan penggunaan daya komputasi untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks sambil bersaing dengan penambang lain.

Perkiraan daya yang digunakan dalam memvalidasi satu transaksi Bitcoin seperti yang digunakan dalam satu rumah tangga setiap bulan. Juga, kekuatan penambangan Bitcoin saja menyumbang sekitar 0,4% dari total listrik dunia.

Sementara itu, beberapa mengklaim operasi Bitcoin menggunakan lebih banyak energi terbarukan daripada kebanyakan industri. Namun, menurut laporan Universitas Cambridge tahun 2020, hanya 39% operasi Bitcoin yang menggunakan energi terbarukan.

Crypto adalah aset spekulatif, dan ada kekhawatiran tentang efek sistematisnya

trading crypto
trading crypto

Semua investor crypto mengetahui risiko yang terkait dengan cryptocurrency apa pun. Oleh karena itu, jika Anda kehilangan uang saat berinvestasi di kripto, tidak akan ada efek pada sistem keuangan. Ini berlaku untuk kripto apa pun, baik Bitcoin, Ethereum, atau Dogecoin.

Selain itu, ada kekhawatiran tentang manipulasi kripto, yang mengakibatkan penipuan. Selain itu, ada ketakutan bahwa runtuhnya pasar crypto dapat menghancurkan sistem keuangan. Ini karena penilaian pasar crypto saat ini, yang lebih dari $2 triliun.

Cryptocurrency dan Hukum Gresham

Menurut ekonomi, ada argumen yang cukup bagus mengapa Bitcoin adalah metode pembayaran. Namun, ini mungkin merupakan cerminan besar dari Bitcoin sebagai mata uang.
Menurut Hukum Gresham, uang buruk mengusir uang baik. Singkatnya, dalam ekonomi di mana ada dua mata uang, orang akan menggunakan mata uang yang terus mendevaluasi. Di sisi lain, mereka akan memegang mata uang lain karena nilainya tetap atau meningkat.

Karena itu, uang buruk akan terus beredar. Pada saat yang sama, uang baik akan mendominasi sebagai investasi atau tabungan jangka panjang.

Misalnya, katakanlah Anda memegang Bitcoin dan dolar AS. Anda cenderung menggunakan dolar AS untuk transaksi harian. Ini karena dolar AS terus meningkat dan mendevaluasi.

Namun, jika Anda menggunakan Bitcoin, kemungkinan besar Anda akan kehilangan peningkatan nilainya di masa mendatang.
Jadi harus ada permintaan yang rendah untuk menggunakan Bitcoin yang digunakan dalam transaksi sehari-hari menurut hukum Gresham. Namun, harus ada permintaan yang kuat untuk mengumpulkan dan menahan Bitcoin. Akibatnya, Anda akan terhindar dari kehilangan potensi peningkatan nilai Bitcoin.


Singkatnya, cukup sulit bagi kripto untuk menjadi alat tukar. Satu-satunya cara adalah ketika pemerintah menolak mata uang lokal mereka setelah menjadi lebih rendah. Dan ini mungkin memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Namun, crypto pasti akan terus berhasil di bidang lain.

Bagikan

Also Read