Konsumsi Satu Buah Pisang Sehari, 5 Manfaat untuk Kesehatan Kita

Sukisno

Bagikan

INFO SEHAT – Ada pepatah yang mengatakan, satu buah apel akan membuat dokter menjauh dari Anda. Namun, ada buah dan sayuran lain yang juga bisa membuat dokter akan menjauh dari Anda, salah satunya adalah pisang.

Satu buah pisang biasanya memiliki berat 116 gram. Dan, 100 gram pisang mengandung 0% lemak, 0% kolesterol, 258 mg potassium, 2,6 gram serat, 14% vitamin C, 20% vitamin B6 dan 6% magnesium. Jadi, satu buah pisang itu kaya dengan semua nutrisi ini dan bisa memiliki manfaat kesehatan. 

Dengan demikian, pisang adalah salah satu bahan makanan yang bisa dimasukkan daftar diet. Tidak sulit menemukan pisang karena buah ini tersedia kapan saja dan bisa dikonsumsi dengan cara apa saja. Dikutip dari Times New Now, berikut adalah 5 manfaat kesehatan dari pisang. 

1. Baik untuk Wanita hamil 

Kandungan vitamin B6 di dalam pisang membuat buah ini baik bagi wanita hamil. Vitamin B6 bertanggung jawab memproduksi sel darah merah, meningkatkan metabolisme, menyingkirkan zat kimia yang tidak diinginkan dari hati dan ginjal. Sementara manfaat ini baik untuk semua orang, ini sangat baik bagi wanita hamil karena membantu perkembangan janin.

2. Mengurangi Gejala Asma
Mengonsumsi satu buah pisang sehari bisa mengurangi gejala asma. Pisang kaya kandungan serat dan potassium dan membantu menurunkan tekanan darah dan memerangi kanker. Kandungan ini menghindarkan tubuh dalam pembentukan radikal bebas dan menjaga tubuh dari gejala asma. 

3. Baik untuk Kulit 
Kandungan mangan di dalam pisang bisa membantu memperbaiki kesehatan kulit. Pisang mengandung mangan yang cukup untuk menyediakan 13% dari total yang diperlukan tubuh. Mangan membantu memproduksi kolagen yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Pisang juga mengandung vitamin C yang mengurangi noda, bintik hitam, atau bekas jerawat dari dalam. 

4. Membantu Menurunkan Berat badan
Pisang cocok untuk menurunkan berat badan karena kalorinya yang rendah, tidak mengandung lemak dan sangat bergizi. Pisang mentah mengandung pati resisten yang merupakan karbohidrat yang bisa dicerna dan bekerja seperti serat di dalam tubuh. Kandungan ini membantu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi rasa lapar sehingga membantu menurunkan berat badan. Pisang juga bisa menjaga kram dan rasa sakit otot, yang bisa membantu di gym karena pisang membantu otot tetap rileks dan bekerja dengan baik. 

5. Memperbaiki Kesehatan Ginjal
Pisang kaya kandungan potassium, yang selain bagus bagi tulang dan gigi, juga penting bagi fungsi kesehatan ginjal. Kajian selama 13 tahun terhadap wanita menemukan bahwa wanita yang makan pisang 2 – 3 kali sepekan memiliki 33% risiko lebih rendah mengalami penyakit ginjal.

*) Artikel ini sebelumnya sudah tayang di: Sindonews.com

Bagikan

Also Read