Amalan Sebelum Buka Puasa Di Bulan Ramadhan

109

Rakyatnesia – Amalan Sebelum Buka Puasa Di Bulan Ramadhan, Ngabuburit merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan anak muda modern ketika menantikan Berbuka PUasa, Namun di masa pandemi ini alangkah lebih baiknya dirumah saja dan melakukan beberapa amalan Sebelum berbuka PUasa.

Selain lebih barokah juga menambah pahala puasa di Bulan Ramadhan Yang penuh berkah ini.

Mau tau Apa saja Amalan Sebelum Buka Puasa, Jika Belum tau silahkan Simak Dibawah ini.

  1. Mengaji di masjid
    Salah satu hal amalan baik saat puasa yang biasanya rutin dilakukan di bulan ramadhan adalah mengaji di masjid. Nah, sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, tidak ada salahnya kamu ikut mengajar dan belajar mengaji di masjid. Selain mendapat pahala dari ayat-ayat yang dibaca, kamu juga mendapat pahala dari membagi ilmu untuk orang lain.

Mengajar orang lain mengaji, apalagi sampai mereka dapat membaca ayat al-Qur’an dengan baik dapat menjadi amal jariyah untukmu lho. Dan seperti yang diketahui bahwa amal jariyah merupakan amal yang tidak akan putus hingga maut memisahkan dengan dunia kelak.

  1. Menyegerakan buka puasa
    Ada tiga hal yang wajib disegerakan dalam ajaran Islam. Ketika hal tersebut adalah shalat, berbuka puasa, dan menikah. Menyegerakan berbuka puasa merupakan suatu sunnah yang sudah diajarkan oleh baginda nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Hal ini dianjurkan bukan tanpa alasan, tetapi memang memiliki manfaat untuk orang yang menjalankan ibadah puasa.

Tidak menunda-nunda berbuka puasa memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh. Setelah seharian berpuasa, maka memang sudah seharusnya ketika waktu buka tiba, berbuka puasa disegerakan. Selain itu segera berbuka puasa juga dapat membawa pahala.

Baca juga : 100+ Kumpulan Ucapan Dan Quotes Sahur Romatis, Lucu Untuk Keluarga Dan Pacar

  1. Tidak lupa membaca doa sebelum berbuka puasa
    Sebelum memulai suatu kegiatan, Islam memang menganjurkan untuk selalu berdoa. Minimal membaca basmalah. Begitupun ketika hendak berbuka puasa, jangan pernah lupa untuk setidaknya membaca basmalah dan dilanjutkan dengan doa berbuka puasa.

Selain itu momen menjelang berbuka puasa merupakan salah satu waktu dimana doa yang dipanjatkan dapat terijabah oleh Allas SWT. Oleh sebab itu sembari menunggu adzan dikumandangkan, apa salahnya kamu memanjatkan doa-doa terbaik dan semoga dikabulkan oleh Sang Pencipta.

  1. Berbuka puasa sebaiknya dengan seteguk air dan kurma
    Salah satu hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Daud mengatakan bahwa Rasulullah biasanya berbuka dengan kurma, baik kurma basah atau kurma kering, sebelum menunaikan shalat magrib. Dan jika tidak ada kurma maka beliau berbuka dengan seteguk air. Akan tetapi dalam kondisi saat ini jika tidak ada kurma yang tersedia di rumah, maka cukup berbuka dengan sesuatu yang manis.

Sunnah ini tidak sembarang dianjurkan, karena memang ada manfaat besar untuk kesehetan dengan membiasakan diri mengonsumsi jenis makanan dan minuman tersebut. Makanan manis merupakan sumber kalori yang cenderung lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh. Dengan begitu energi yang dikeluarkan tubuh selama seharian dapat segera terganti.

  1. Bersedekah terhadap orang yang berpuasa
    Memberi makan untuk orang yang sedang berpuasa walau hanya sebiji kurma memiliki nilai pahala yang besar di hadapan Allah SWT. Orang yang diberi makan juga tidak perlu khawatir, karena pahalanya tidak akan berkurang. Biasanya yang paling senang melakukan hal ini adalah para kaum hawa terutama saat mereka berhalangan.

Wanita menjadi orang yang gemar bersedekah saat halangan, karena memberi makanan orang yang berpuasa akan mendatangkan pahala kepada mereka sama besarnya seperti orang yang berpuasa.

  1. Menghadiri kajian di Masjid
    Jangan pernah ragu untuk menghadiri kajian di masjid. Allah selalu terbuka kepada semua hamba-Nya bagaimanapun kondisi mereka. Datang dan mendengarkan kajian di masjid tidak hanya menambah ilmu dan pengetahuan untuk diri pribadi, tetapi juga dapat menjadi ajang mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa.
  2. Tidak berlebihan saat menyantap makanan
    Apapun yang berlebihan itu tidak baik, termasuk makanan. Meski seharian berpuasa membuat tubuh menjadi terasa letih dan lapar, usahakanlah mengonsumsi makanan sekadarnya ketika berbuka puasa. Hal ini bukan hanya dianjurkan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Ingatlah bahwa tubuh juga memiliki mekanisme sendiri, sehingga jangan buat ia menjadi kaget dengan menyantap makanan dalam porsi banyak. Dan janganlah lupa bahwa setelah berbuka puasa masih ada ibadah tarawih yang menunggu. Salah satu ladang pahala yang hanya dilakukan saat bulan Ramadhan.

Baca juga : Tata Cara Mandi Junub, Doa Dan Hukumnya Di Bulan Ramadhan

Baca juga : Hukum Berhubungan Suami Istri Ketika Bulan Puasa Di Siang Hari,

Itulah tujuh amalan baik saat puasa yang bisa kita kerjakan sebelum berbuka. Ada baiknya kalau jadi kebiasaan. Ingatlah selalu bahwa segala yang dianjurkan dalam agama pasti memiliki manfaat yang baik.

Doa Berbuka Puasa Mengapa Wajib Diamalkan

Membaca doa buka puasa sebelum menyantap hidangan berbuka puasa merupakan amalan yang disunahkan untuk menambah pahala muslim yang berpuasa.

Ada beberapa macam bacaan doa buka puasa Ramadan yang diriwayatkan oleh Abu Dawud sesuai sunah Rasulullah SAW, secara lengkap berbunyi sebagai berikut:

“Kami mendapat riwayat dari Abdullah bin Muhammad bin Yahya, yaitu Abu Muhammad, kami mendapat riwayat dari Ali bin Hasan, kami mendapat riwayat dari Husein bin Waqid. Kami mendapat riwayat dari Marwan, yaitu Bin Salim Al-Muqaffa’, ia berkata bahwa aku melihat Ibnu Umar menggenggam jenggotnya, lalu memangkas sisanya. Ia berkata, Rasulullah bila berbuka puasa membaca, ‘Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘urûqu wa tsabatal ajru, insya Allah.” (H.R. Abu Dawud).

Dalam buku Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki, KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri, dijelaskan bahwa bacaan doa buka puasa adalah sebagai berikut:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruqu wa tsabatal ajru insyaa-allah

Artinya: “Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap insya Allah”

Namun juga ada beberapa hadis dan pendapat lain mengenai bacaan doa buka puasa. Berikut ini adalah bacaan doa puasa yang umum digunakan.

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya : “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More