Bupati Bojonegoro Beri Pembinaan Pengurus RT/RW Bagi 5 Desa, di Wilayah Kecamatan Ngraho

113

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Guna meningkatkan kapasitas dan penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah memberikan pembinaan bagi pengurus RT/RW di wilayah Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan pelatihan bisa meningkatkan kinerja dan administrasi yang dibuat di tingkat RT/RW sesuai dengan perundang-undangan yang ada.

Pembinaan tingkat RT/RW diikuti oleh perwakilan lima desa di Kecamatan Ngraho yaitu, Desa Tanggungan, Kalirejo, Tapelan, Sumberarum, dan Desa Payaman. Kegiatan digelar di Balai desa Tapelan, Senin (12/04/2021)

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro Mahmudi mengatakan posisi lembaga kemasyarakatan khususnya tingkat RT/RW sangat penting dalam rangka membantu penyelenggaraan pemerintahan dalam tingkat desa.

Lanjut Mahmudin, dikarenakan fungsinya membantu pelaksanaan desa, fungsi pelaksanaan pembangunan desa dan fungsi pembinaan masyarakat sekaligus pemberdayaan masyarakat.

“Sehingga kegiatan diselenggrakan dalam rangka mendukung itu semua, apalagi kondisi saat ini masuk dalam zaman digitalisasi berbasis data, maka sangat diperlukan adanya peran dari RT/RW,” ucapnya.

Selain itu, pembinaan diakukan untuk mengetahui kehadiran secara fisik serta keaktifan pengurus RT/RW dalam membantu kepala desa dalam bidang pemerintahan. Seperti halnya membantu menyediakan data kependudukan dan perijinan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa saat ini dalam penyelenggaraan pemerintahan semua berbasis data. Sehingga peran pengurus RT/RW sangat penting dalam menyediakan data awal, data yang paling akurat sesuai apa yang terjadi lapangan.

“Pemutakhiran dan akurasi data sangat diperlukan untuk menentukan kebijakan pemerintah secara tepat,” ungkap Bupati Bojonegoro yang akrab disapa Bu Anna itu.

Selain itu, Bupati Anna juga menjelaskan bahwa salah satu program Pemkab Bojonegoro melalui DPMD Bojonegoro akan menganggarkan bantuan insentif RT/RW Tahun 2021 sebanyak Rp 11, 3 milliar dengan perbulanya Rp 100 ribu.

“Saya berharap pemutakhiran data pengurus RT/RW segera terselesaikan agar dapat direalisasikan,” pungkasnya.

**(Yan/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More