Mudik Tanpa Khawatir Kesehatan, BPJS Kesehatan Siapkan Aturan Khusus , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Mudik Tanpa Khawatir Kesehatan, BPJS Kesehatan Siapkan Aturan Khusus Pencarian seputar Berita Nasional di dunia maya kian banyak dijalankan masyarakat Indonesia, padahal sesungguhnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Mudik Tanpa Khawatir Kesehatan, BPJS Kesehatan Siapkan Aturan Khusus ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget mengamati atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – BPJS Kesehatan menyiapkan akses layanan kesehatan khusus bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat mudik lebaran Idulfitri 2023. Dengan begitu, pada peserta JKN atau BPJS Kesehatan bisa menggunakan layanan kesehatan di manapun berada.

“Dengan adanya kebijakan khusus selama libur lebaran 2023, ini dapat memastikan peserta JKN tetap terlayani dengan mudah, cepat, setara,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti, Kamis (6/4).

Ghufron mengatakan bahwa pihaknya menerapkan piket layanan khusus di kantor cabang. Piket layanan tersebut membuka akses layanan tatap muka di Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta Penerima pertolongan Iuran (PBI).

Adapun layanan tersebut akan dimulai pada periode 19-21 April 2023 dan 24-25 April 2023 pukul 08.00-15.00 waktu setempat. Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah membuka 955.429 kanal pembayaran yang bisa dimanfaatkan peserta untuk membayar iuran kepesertaan JKN selama lebaran.

Selanjutnya, untuk lebih menjangkau masyarakat dalam membuka akses layanan, BPJS Kesehatan juga telah menghadirkan layanan jemput bola melalui Mobile Customer Service (MCS). Layanan tersebut hadir di berbagai tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Baca Juga: Permintaan BPJS Kesehatan: Menambah Poliklinik atau Peralatan Medis

Dalam masa libur lebaran, Ghufron menerangkan bahwa peserta JKN apabila berada di luar daerah tempat asalnya masih dapat mengakses di fasilitas kesehatan yang bukan tempat dirinya terdaftar.

“Apabila peserta mengalami kendala saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, mereka dapat menghubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penganan Pengaduan (PIPP),” tegasnya.

“Khusus di RS, BPJS Kesehatan juga telah menghadirkan Petugas BPJS SATU! (Siap Membantu) untuk mempermudah dalam mengakses informasi pelayanan,” imbuh Ghufron.

Dengan begitu, jika peserta menemukan kendala di RS saat akan menggunakan layanan BPJS Kesehatan, peserta juga dapat menghubungi petugas tersebut.

Adakan Posko Mudik Lebaran BPJS Kesehatan akan menghadirkan Posko Mudik di lima titik dan satu titik Posko Arus Balik padat pemudik. Lima Posko Mudik tersebut, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, rest area tol Cikampek Km 57, rest area tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, dan Posko Arus Balik terdapat di rest area Banjaratma Km 260B Brebes.

Baca Juga: Selain Amankan Mudik, Kapolri Antisipasi Ancaman di Wilayah Konflik

Di posko mudik tersebut, Ghufron menerangkan bahwa pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan,
pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke RS apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Dikutip dari Jawa Pos

Exit mobile version