Polres Bojonegoro Gelar Police Expo di Alun-Alun Kota Bojonegoro

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN)- Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro pada hari Sabtu (7/4/2018) hingga Minggu (8/4/2018), gelar Police Expo, yang mengambil tempat di sepanjang Jalan Pahlawan, selatan Alun-alun Kota Bojonegoro, Jawa timur.

Puluhan stan dari seluruh Bagian dan Satuan yang ada di Polres Bojonegoro turut ambil bagian dalam expo tersebut. Selain itu, turut memeriahkan expo tersebut Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tetuko Bojonegoro dan Satuan Brimob Polda Jatim serta sejumlah komunitas binaan Polres Bojonegoro, sejumlah perusahaan swasta dan produk-produk unggulan Kabupaten Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintor,SH,SIK,M.Si, kepada para awak media ini menjelaskan bahwa Police Expo ini digelar sebagai sarana mendekatkan diri antara Polisi dengan masyarakat. Selain itu, juga untuk memberikan informasi dan sosialisasi tentang inovasi pelayanan publik yang telah dimiliki Polres Bojonegoro serta informasi yang berkaitan dengan program dan kebijakan pimpinan Polri, seperti salah satunya Rekrutmen anggota Polri.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk kegiatan cooling system, menjelang Pilkada serentak 2018 serta guna mensukseskan pilkada yang aman, damai dan sejuk,” Jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan, kegiatan Police Expo tersebut juga dirangkai dengan kegiatan Deklarasi Anti Hoax serta panggung hiburan, berupa pertunjukan band Repvblik, J-Rock dan OM Sera bersama artis Cita Citata.

“Silakan warga masyarakat Bojonegoro hadir dan saksikan Police Expo dan Deklarasi Anti Hoax, di Alun-alun Bojonegoro Sabtu malam Minggu ini,” tutur Kapolres.

Stan expo yang dipamerkan mulai dari bagian Operasional (Bag Ops) Polres Bojonegoro, yang menampilkan Kesiapan Polres Bojonegoro dalam mewujudkan Zona Integritas (ZI) menjadai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih melyani (WBBM).

Dilanjutkan stan dari Sub Bag Humas, yang menampilkan Kampanye Anti Hoax, Ujaran Kebencian dan Tolak isu Sara.

Selanjutnya stan dari Bagian Sumber Daya (Bag Sumda), yang menampilkan seluk-belluk terkait Rekruitmen atau Penerimaan Anggota Polri tahun anggaran 2018 berikut Pembinaan dan Pelatihan bagi calon anggota Polri.

Stan selanjutnya dari Sistem Teknologi Informasi Kepolisian (Sitipol) Polres Bojonegoro. Dalam stan ini ditampilkan Aplikasi CAS (Crime Alarm System) , Call Center 110 dan Aplikasi SKOT (Surat Keterangan Orang Terlantar) Online.

Berikutnya stan dari Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas). Dalam stan tersebut Sat Binmas Polres Bojonegoro menampilkan Aplikasi E-Bhabinkamtibmas, yaitu aplikasi pelaporan kegiatan bhabinkamtibmas Polres Bojonegoro. Selain itu juga ditampilkan berbagai hal terkait Satuan Pengamanan (Satpam).

Dilanjutkan stan dari Satuan Intelkam (Sat Intel), yang menampilkan Aplikasi SKCK Online dan Mekanisme layanan penerbitan perijinan.

Setelah itu stan dari Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) yang menampilkan sejumlah peralatan dari Tim Inafis atau Identifikasi. Sat Reskrim juga menampilkan Aplikasi E-Penyidikan berikut SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) Online serta Tim Panther yang dimiliki Sat Reskrim Polres Bojonegoro, berikut kendaraan dan peralatan pendukungnya.

Stan selanjutnya ditempati oleh Satuan Reserse Narkoba (Sat Reskoba), yang menampilkan contoh-contoh Narkotika baik dalam bentuk foto-foto maupun bentuk fisik aslinya. Selain itu, Sat Narkoba juga menampilkan foto-foto para pelaku penyalahgunaan narkotika yang berhasil diungkap oleh jajaran Sat Reskoba Polres Bojonegoro. Serta ditampilkan juga upaya penanggulangan penyalahgunaan narkotika yang telah dilaksanakan oleh Sat Reskoba Polres Bojonegoro.

Untuk stan selanjutnya ditempati oleh Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tetuko Bojonegoro. Dalam expo kali ini, Rumah Sakit Bhayangkara akan membuka Pelayanan Kesehatan Gratis kepada masyarakat, diantaranya untuk Konsultasi Kesehatan Gratis, pemeriksaan Laboratorium untuk kolesterol dan gula darah.

Selain pelayanan gratis, RS Bhayangkara juga akan menampilkan sejumlah peralatan medis yang berada di Ruang ICU dan Kamar Operasi serta sejumlah peralatan DVI (Disaster Victims Identification), diantaranya Mobil DVI, Motor DVI dan Jet Sky DVI, khusus untuk pencarian dan atau evakuasi korban tenggelam.

Stan selanjutnya ditempati Satuan Sabhara (Sat Sabhara), yang menampilkan sejumlah peralatan pengendalian massa (Dalmas) dan peralatan pengurai massa (Raimas) serta sejumlah peralatan Tim SAR. Sat Sabhara juga menampilkan Pam Obvit atau Pengamanan Obyek Vital.

Stan berikutnya ditempati Sat Brimob yang menampilkan sejumlah peralatan Penjinak Bom (Jibom), Perlawanan Teroris (Wanteror) dan Tim KBR (Kimia, Biologi dan Radioaktif. Sejumlah kendaraan berat juga turut dipamerkan diantaranya kendaraan Barakuda dan APV Wolf. Selain itu juga ditampilkan Robot Penjinak Bom.

Yang terakhir stan dari Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) yang menampilkan Aplikasi TACS (Traffic Accident Claim System) dan aplikasi SIM Online. Selain itu, Sat Lantas juga akan membuka pelayanan SIM Keliling dan SAMSAT keliling.

Sementara itu, selain dari bagian dan satuan yang ada di Polres Bojonegoro, terdapat juga peserta dari sejumlah komunitas binaan Polres Bojonegoro, sejumlah perusahaan dan produk unggulan Kabupaten Bojonegoro.

Untuk komunitas binaan Polres Bojonegoro yang turut memeriahkan expo tersebut diantaranya dari Forum Medsos Bojonegoro diantaranya dari Media Bojonegoro, Paguyuban Wong Bojonegoro, Grup Berita Bojonegoro, Kabar Bojonegoro, Netizen Bojonegoro, Info Masyarakat Bojonegoro, Seduluran Warga Bojonegoro, Paguyuban Sosial Bojonegoro, Paguyuban Bojonegoro Solid dan Dunia Malam Bojonegoro.

Selain itu, turut hadir perwakilan dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Bojonegoro, Bloger Bojonegoro dan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Bojonegoro serta perwakilan dari Forum Komunikasi Otomotif Bojonegoro (FKOB) .

Sumber: tribratanewsbojonegoro.com

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar