Pos Pembantu Damkar Ngambon, Segera Dioperasikan

0 108

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Guna mengantisipasi kebakaran dan meminimalisir menjalarnya kebakaran, maka di wilayah Ngambon akan segera dioperasikan Pos Pembatu Pemadam Kebakaran (Damkar) dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bojonegoro.

“Kegiatan Damkar itu, bakal dimulai besok Rabo (06/04/2016), sementara kantornya masih bergabung dengan Satpol PP Ngambon dan rencananya tahun depan sudah dibangun Pos Damkar untuk wilayah Ngambon,” demikian disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo, di Pendopo Kecamatan Ngambon, Senin (4/4/2016).

Ditambahkan, untuk menunjang kegiatan itu, ditugaskan 11 personil dengan komposisi ada 2 (dua) anggota yang sudah PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang mereka sudah berpengalaman dan ada berpengalaman sedang serta ada petugas yang baru diterima kerja di BPBD.

“Sudah kita atur kompisinya. Petugas kita tempatkan di Pos Ngambon, ada yang senior dan ada yang yunior. Mereka harus selalu siaga. Karena kebakaran itu datangnya sewaktu-waktu, jadi harus terus siaga,” tegas Andik.

Masih menurut Mas Andik –demikian Kepala pelaksana BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo, biasa disapa- Pos Damkar di Ngambon, memiliki wilayah 3 (tiga) kecamatan yakni, Kecamatan Ngambon, Ngasem dan Tambakrejo.

Untuk Kecamatan Ngambon ada 5 (lima) desa yakni, Desa Ngambon, Bondol, Karangmangu, Nglampin dan Sengon. Ada 5 (lima) desa di wilayah Kecamatan Tambakrejo yakni, Desa Turi, Kacangan, Sendangrejo, Mulyorejo dan Dolokgede. Ada 8 (delapan) desa di wilayah kecamatan Ngasem yakni, Desa Ngasem, Setren, Madiyunan, Bandungrejo, Trenggulunan, Butoh, Kolong dan Ngadiluwih. Serta ada 2 (dua) desa di wilayah Kecamatan Purwosari yakni, Desa Pelem dan Ngrejeng.

“Pos Ngambon bertugas untuk mengambil langkah awal, mendatangi lokasi kejadian lebih awal jika terjadi kebakaran. Dengan harapan, kebakaran segera tertangani dan tidak lagi menjalar ke lokasi lain. Karena hanya ada 1 (satu) mobil damkar di Pos Pembantu, maka nantinya akan dibantu oleh Pos Padangan atau Pos pembantu Temayang,” kata Mas Andik serius.

Sementara itu, Camat Ngambon Muridan yang hadir dan memberikan sambutanya mengatakan, dirinya menyambut baik dengan adanya Pos Pembantu Damkar di Kecamatan Ngambon. “Mudah-mudahan dengan adanya damkar di Ngambon, mampu mencegah kebakaran yang ada di wilayah Ngambon dan sekitarnya,” tegasnya.

Mas Andik yang didampingi Kasi kesiapsiagaan bencana Sukirno menambahkan, pertemuan yang digelar di Pendopo Kecamatan Ngambon, Senin (4/4/2016), merupakan pengenalan personil sekaligus koordinasi penempatan.

“Insya Allah tahun anggaran 2017, akan dibangun Pos Pembantu Damkar di Ngambon, tepatnya di halaman Kantor Kecamatan Ngambon sebelah selatan. Dengan Pos pembantu di Ngambon, mudah-mudahan dapat mencegah bencana kebakaran yang ada di Bojonegoro wilayah Ngambon dan sekitarnya,” katanya sambil berharap. **(Kis/Puji).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More