Dandim Bojonegoro Sergab Gabah Petani Untuk Percepatan Penyerapan

0 75

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas, bersama rombongan Tim “Sergap” dari Dirjen PSP Kementan RI, Dinas Pertanian Bojonegoro, lakukan pengawalan langsung turun ke sawah transaksi penyerapan gabah oleh Bulog Sub Divre III Bojonegoro, ditingkat produsen gabah dibeberapa wilayah sentra produksi padi Kabupaten Bojonegoro.

Pembelian langsung gabah petani oleh Bulog Sub Divre III Bojonegoro tersebut, dilakukan di Desa Pungpungan, Kecamatan Kalitidu, Desa Tanjungharjo Kecamatan Kapas, juga di wilayah Kecamatan Balen, dan Kecamatan Kanor.

“Hal ini dilakukan bertujuan untuk percepatan serapan gabah oleh Bulog Bojonegoro, juga stok gabah dan beras secara nasional,” ujar Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas. Sabtu (2/04/2016).

Selain itu, masih menurut Dandim 0813 Bojonegoro, hal itu dilakukan agar harga pasar gabah ditingkat petani laku sesuai harapan. Sehingga petani berdaulat, kesejahteraan para petani dapat terwujud.

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana (Dirjen PSP) Kementan RI, Dr. Ir. Sumarjo Gatot Irianto mengatakan, agar Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0813 Bojonegoro menjaga agar tidak ada pihak ketiga atau Tengkulak yang masuk ke petani, yang hasil panennya sudah dibeli oleh Bulog Sub Divre III Bojonegoro.

“Diminta para pendamping petani di desa-desa, agar menginformasikan rencana panen padi di wilayahnya. Supaya hasil panennya dibeli oleh Bulog Bojonegoro,” katanya menghimbau.

Dengan kerjasama yang saling bahu-membahu dalam rangka percepatan penyerapan beras dan gabah petani tersebut, Swasembada Pangan Nasional yang diprogramkan pemerintah Republik Indonesia bakal segera terwujud. **(Puji).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More