Nikmatnya Makan Sambel Kemangi dengan Iwak Kali, di Warunge Bu Sumi Waduk Pacal, Temayang

0 205

Pagi yang cerah, sambil melakuka perjalanan menyisir hutan jati di sepanjang Temayang ke arah Terminal Bethek Gondang. Berjalan dari Bojonegoro hingga Temayang, setelah lepas dari Temayang ke arah selatan, suasana terasa asri dan sejuk dipandang mata, saat melintasi hutan jati. Hanya saja, harus tetap waspada karena jalan beraspal itu, medannya naik turun dengan tanjakan yang terjal dan berkelok-kelok.

Sungguh, sebuah perjalanan yang cukup mengasyikan setelah seminggu bergelut dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari. Mungkin, karena saat itu hari Minggu (27/3/2016), sehingga suasana jalan dari Bojonegoro-Temayang-Bethek itu cukup ramai lalu lalang kendaraan.

Perjalanan dari Temayang kea rah Bethek, tidak terdapat rumah penduduk, yang ada hanyalah hutan jati dan sebagian masih belum direboisasi sehingga yang terlihat hanyalah semak belukar saja. Begitu sampai di daerah sekitar Waduk Pacal, sudah nampak ada beberapa warung yang ada di kanan kiri jalan.

Nikmatnya makan sambel kemangi dengan iwak kali2

Lepas dari Jembatan Dung jati, Tretes yang masuk wilayah Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, di selatan Jembatan yang ada di selatanya Waduk Pacal itu, terdapat warung terbuka (warter) milik Bu Sumi. Warung yang berada di pinggir jalan yang berada di wilayah hutan jati itu menjual makanan dengan lauk ikan sungai (Iwak Kali, Jawa red) yang berasal dari Waduk Pacal yang berada di barat warung tersebut.

Warung yang menyediakan nasi putih, nasi jagung dan nasi tiwul dengan sambel kemangi itu. Menyediakan makan ala prasmanan dengan lauknya iwak kali dari berbagai jenis, ada wader, kuthuk, gloso, nila dan udang.

Pagi menjelang siang itu, warung Bu sumi sudah dipadati pembeli yang sebagian besar adalah mereka yang sedang melintasi jalan provinsi dari Bojonegoro ke arah Nganjuk itu. Beberapa mobil dan motor yang parkir di depan warung, selain plat S, ada plat AG, Plat L dan plat daerah lain. Itu menjadi bukti, pengunjung warung Bu Sumi pengunjungnya tidak hanya warga Bojonegoro, tapi banyak pula warga luar kota yang makan di situ.

“Salah seorang pengunjung Joko Purnomo (37) adalah warga Purwoasri, Kabupaten Kediri yang baru saja dolan di keluarganya di Dander, Bojonegoro, Jatim. Dia bersama keluarga makan di warung Bu Sumi dengan beramai-ramai. “Kalau sedang lewat sini, pasti mampir dan makan di sini mas,” katanya singkat.

Budi Raharjo (42) salah seorang warga Ngambon, Bojonegoro yang barusan bepergian dari Nganjuk beserta anak dan istrinya, juga menyempatkan mampir dan makan di warungnya Bu Sumi. Mereka dengan lahapnya makan nasi putih dicampur nasi jagung dengan udang dan sambel kemangi.

“Saya suka makan di sini karena makanannya serba alami. Ini ada nasi jagung, lauknya udang segar dari Waduk Pacal yang langsung dibersihkan di situ yang dibumbui kemudian dimasak juga di sini. Kita bisa tahu, lauknya masih segar dari waduk, sayurnya menir bayam, sambelnya cukup lezat. Nikmat tenan pokok’e,” kata pria yang sehari-harinya menjabat sebagai PNS di Kantor Kecamatan Ngambon itu serius.

Bu Sumi yang tinggal di Desa Papringan, Kecamatan Temayang, Bojonegoro itu, mengatakan dirinya jualan di tempat itu sudah Sembilan tahun. Dia mengaku, jika sejak membuka warungnya itu, menunya sama yaitu nasi putih, jagung dan nasi tiwul dengan lauk iwak kali, serta sambel kemangi khas Bu Sumi.

“Di sini menu andalan sambel kemangi dengan iwak gloso yang berasal dari Waduk Pacal. Selain ikan gloso ada ikan nila, wader, kuthuk dan udang, yang semua itu saya beli dari para pemancing dan pencari ikan dari Waduk Pacal. Kita dikirimi langsung ikan hasil tangkapan jadi ikanya ya ikan segar dan higienis. Karena, langsung dibersihkan, dibumbui dan dimasak di sini,” tegasnya.

Salah seorang warga Temayang kepada rakyatindependen.id mengatakan, yang paling disukai di warungnya Bu Sumi itu, sambel kemangi yang sedap dan semua ikan itu dimasak dengan kayu bakar sehingga rasanya sangat gurih dan lezat. Yang pasti, harganya juga tidak mahal. “Kalau penasaran, silahkan saja mampir di Warunge Bu Sumi Waduk Pacal,” pungkasnya. **(Kis/Yus).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More