Tingkatkan Peran TNI Terhadap Masyarakat, Dandim Bojonegoro Talkshow di Radio Nuansa FM

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Dalam upaya mengenalkan dan meningkatkan peran TNI dalam masyarakat, khususnya keberadaan Kodim 0813 Bojonegoro, Komandan Kodim 0813 Bojonegoro, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas menjalin kerjasama dengan Radio 104.5 MHz Nuansa FM, yang berada di Jl Raya Sumberejo, Desa/Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (17/03/2016).

Acara yang dikemas dalam Talk Show tersebut dipandu oleh pembawa acara Dharma dari Nuansa FM. Acara berlangsung sejak pukul 11:00 WIB dan berakhit hingga pukul 12:00 WIB. Talshow membahas tentang peran, tugas dan fungsi TNI khususnya Kodim 0813 Bojonegoro diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

Letkol Kav Donova Pri Pamungkas menilai Bahwa jiwa prajurit dan nilai kejuangan perlu terus ditanamkan kepada para generasi muda guna menjawab berbagai tantangan dan persoalan yang semakin berat. Orang nomor satu di Kodim 0813 itu, menghimbau kepada generasi muda Bojonegoro, agar dapat memanfaatkan waktu dengan kegiatan positif, produktif dan konstruktif untuk menghindarkan pengaruh-pengaruh negatif guna meraih masa depan yang lebih baik.

“Kami menilai positif pembinaan yang dilakukan Kodim 0813 dan Jajaranya ke sekolah-sekolah diantaranya dengan melakukan pembinaan melalui Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, diantaranya memberikan Pelatihan Baris-berbaris (PBB) dengan tujuan guna memupuk jiwa disiplin kepada para siswa yang merupakan generasi penerus bangsa itu,” demikian diungkapkan Donova (demikian, panggilan akrab Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Kav donova Pri Pamungkas), dalam acara Live Interactive Talkshow di Nuansa FM itu.

Menyikapi pertanyaan tentang peran TNI-AD saat ini, yaitu Program Pendampingan dalam Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Bahwa Pihaknya bersama jajaran yang tersebar di 28 Koramil dan Posramil Se-Wilayah Kodim 0813 Bojonegoro tersebut, akan terus melakukan pendampingan dan pengawalan petani.

Hal itu, didukung dengan keberadaan Brigade Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) di Kodim 0813 Bojonegoro, bagi Kelompok Tani guna mengolah lahan pertanian. Salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan ketahanan pangan masyarakat. Hingga pada akhirnya untuk meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan petani.

Menutup acara Talk Show tersebut, Kodim 0813 Bojonegoro mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan profesionalisme, semangat juang dan solidaritas sesama. Disamping itu, TNI butuh dukungan penuh masyarakat dalam upaya menjaga keutuhan dan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebab TNI bukanlah satu-satunya komponen bangsa yang mampu menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, tanpa adanya dukungan dari setiap komponen bangsa lainnya.

“Jangan sungkan-sungkan untuk memberikan saran, kritik dan masukan kepada Kodim 0813 Bojonegoro. Juga angan ragu-ragu bila masyarakat membutuhkan bantuan, silahkan datang ke Koramil dan Posramil setempat. Kodim 0813 dan Koramil di masing-masing wilayah kecamatan, siap membantu masyarakat terutama tentang pendampingan petani,” kata Donova sambil berharap. **(Yan)

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar