Babinsa Intensifkan Peninjauan Agar Dapat Meminimalisir Penyakit Pada Tanaman Padi

0 65

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Upaya untuk mengetahui setiap kendala yang dihadapi oleh petani dalam pemeliharaan tanaman padi, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Syaiful Qodri, Anggota Koramil 0813-07/Kepohbaru, intensifkan pendampingan terhadap petani di Wilayah binaanya, di Desa Sumbergede dan Desa Sugihwaras, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (16/03/2016).

“Kegiatan monitoring ini dilakukan untuk memeriksa tanaman padi dari serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), ” demikian disampaikan Serda Syaiful Qodri, ditemui saat melakukan kegiatan monitoring bersama Ketua Kelompok Tani (Poktan) Karya Tani, Supardi.

Menurut Syaiful (demkian Serda Syaiful Qodri, biasa disapa), kegiatan tersebut dilakukan dengan maksud untuk melihat secara langsung kendala dan permasalahan dilapangan. Yakni hama dan penyakit tanaman yang mungkin timbul.

Sementara itu, Jumain Ketua Kelompok Tani (Poktan) Makmur, Desa Sumbergede mengatakan, jika dalam pemantauan tersebut telah diketemukan hama dan penyakit tanaman, maka akan dilakukan langkah-langkah penanganan untuk pencegahan.

“Sehingga diharapkan dengan langkah pencegahan dengan penyemprotan hama tersebut, tidak mengganggu kualitas maupun hasil produksi gabah itu” ujarnya.

Disamping itu, diharapkan agar kegiatan yang dilakukan itu, selalu mendapatkan respon serta penanganan di lapangan agar dampaknya tidak meluas pada sawah yang lain. Agar tanama tetap bagus dan terhindar dari hama agar selalu dan terus menerus dilakukan penyemprotan hama penyakit sehingga dapat meminimalisir hama pada tanaman padi petani. **(Nur)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More