Mengaktifkan log MySQL

moch akbar fitrianto

Mengaktifkan log MySQL
Bagikan

Untuk melakukan diagnosa masalah pada MySQL (atau Percona dan MariaDB) maka kita perlu mengecek apa isi lognya. Masalahnya dan ini baru saya tahu ternyata ada pada beberapa instalasi (tergantung distro Linux dan versi database server yang terinstall) tidak aktif secara default. Jadi kalau ada error ya diam saja tidak ada catatannya. Repot kan? Kalau lancar jaya sih ga bingung.

Nah… kali ini saya akan menuliskan bagaimana caranya agar MySQL membuat file log untuk beberapa jenis kejadian. Jadi tidak semua event itu setara tingkatannya tergantung fungsinya.

Anda mau yang mana awalnya sama semua kok. 🙂 Langkah selanjutnya adalah mengedit konfigurasi MySQL, biasanya bernama my.cnf:

nano /etc/mysql/my.cnf

Saya asumsikan default lho ya, belum tentu di VPS anda ada disana tapi bisa anda cek sendiri kok. Nah… kode – kode yang nanti saya bahas letakkan dalam blok [mysqld] kecuali yang saya beri letaknya secara spesifik.

General Query Log: Berisi informasi umum mengenai aktivitas MySQL. Ya seperti hidup, mati dan menjalankan query SQL. Untuk mengaktifkan General Query Log, tambahkan kode berikut didalamnya:

general_log_file        = /var/log/mysql/mysql_umum.log
general_log             = 1

Slow Query Log: Kalau ada perintah SQL yang terlalu lama atau lambat akan dicatat disini. Untuk mencatat Slow Query Log, perlu kode yang ini:

log_slow_queries       = /var/log/mysql/mysql_lambat.log
long_query_time = 2
log-queries-not-using-indexes

Kemudian adalah Error Log: Fungsinya buat menyimpan informasi setiap kali MySQL mengalami kesalahan. Untuk Error Log akan memanfaatkan kode ini:

[mysqld_safe]
log_error=/var/log/mysql/mysql_error.log

[mysqld]
log_error=/var/log/mysql/mysql_error.log

Terakhir agar MySQL selalu menjalankan proses rekaman catatan aktivitasnya maka perlu dihidupkan settingnya, silahkan masuk dulu ke mode interaktif MySQL:

mysql -u root -p

Kemudian eksekusi perintah ini:

SET GLOBAL general_log = 'ON';
SET GLOBAL slow_query_log = 'ON';

Setelah itu silahkan restart proses MySQL:

service mysql restart

Selesai. 😀

Bagikan

Also Read