Percepat Tanam, Petani Dander Didampingi Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro

0 102

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Upaya khusus (Upsus) dalam rangka mensukseskan Program Swasembada Pangan Nasional, Kodim 0813 Bojonegoro melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0813-05/Dander, Koptu Eko, turun ke sawah dampingi petani menyiapkan lahan tanam padi, di Desa Jatiblimbing, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Senin (14/03/2016).

“Penyiapan lahan ini, dilakukan untuk percepatan tanam pada Musim Tanam ke dua di Tahun 2016 ini. Diharapkan, agar para petani yang lain dapat mengikutinya” terang Koptu Eko, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Menurutnya, hal itu dilakukan karena lahan yang digarap dengan menggunakan handtraktor akan menjadi subur. Pasalnya, dapat mengubah sifat fisik tanah yang awalnya lapisan atas keras menjadi lunak (lumpur). Karena pada lapisan bawah dapat menjadi humus serta menyimpan air.

“Selain itu juga, memperoleh hasil yang maksimal serta menghemat tenaga dan waktu,” tandasnya.

Sementara itu, Mardi (47), Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Mulyo mengatakan, disamping melakukan penyiapan lahan tanam tersebut sebelumnya perlu penyiapan lahan untuk penebaran benih padi. Sehingga nanti pada saat penyiapan lahan tanam itu rampung, benih padi tersebut sudah sama-sama siap untuk segera ditanam.

“Itu semua dilakukan dengan harapan agar kami dapat lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik. Sehinggga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen itu ketahanan pangan pun tercapai,” pungkasnya. **(Kis/Puji).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More