Damkar Bojonegoro: Informasi Kebakaran di SPBU Medalem, Sumberrejo, Adalah Hoax

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Informasi hoax alias berita bohong telah menimpa Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Selasa (12/3/2019) malam.

Dimana, ada informasi yang masuk ke Group Watshapp (WA) Dalops BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Bojonegoro, jika ada kebakaran di SPBU Medalem, yang berada di Jalur Bojonegoro : Babat, tepatnya di Raya Medalem, Desa Prayungan, Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro.

Informasi yang dikirim dengan video, disertai keterangan bahwa SPBU Medalem, Sumberrejo, sedang mengalami kebakaran. Mendapat informasi tersebut, 2 (dua) unit mobil Damkar lengkap dengan personilnya, langsung meluncur ke lokasi kejadian.

“Satu unit mobil Damkar dari Pos Kota Bojonegoro dan satu unit mobil dari Pos Bantu Damkar Baureno, langsung meluncur ke TKM (Tempat kejadian Musibah). Ternyata, saat tiba di lokasi kejadian (SPBU Medalem, Sumberrejo), ternyata informasi itu adalah berita bohong alias hoax,” demikian disampaikan Kepala Dinas Pemadam kebakaran Kabupaten Bojonegoro Andik Sujarwo melalui Kabid Pemadaman Sukirno, Selasa (12/3/2019) malam.

Lanjut Sukirno, jika memperoleh informasi jangan segera di share (dibagikan) dulu, harus di ceck dulu kebenarannya, agar tak  jadi berita bohong seperti kejadian malam ini.

“Jika memberi informasi harus benar-benar valid, siapa pemberi info, lokasinya dimana dan kapan kejadiannya. Jangan sampai informasi yang disampaikan itu adalah berita bohong atau hoax sehingga merugikan personil Damkar yang bertugas,” ungkap pria yang akrab disapa Mas Kirno itu.

Ditambahkan, personil Damkar tersebut sejak berangkat hingga di jalan itu sudah dengan resiko tinggi. Jadi, tak sepatutnya mereka dikecewakan dengan informasi yang tidak benar seperti itu. Mereka telah bersemangat dalam menjalankan tugasnya dengan baik, justru harus “balik kanan” karena ternyata tak ada kebakaran di SPBU Medalem, Sumberrejo itu.

Berdasarkan data yang berhasil diperoleh rakyatnesia.com menyebutkan, ternyata video yang dikirim ke Group WA Dalops BPBD Bojonegoro itu, juga sudah menyebar dengan cepat ke media sosial (medsos) di wilayag Bojonegoro dan sekitarnya. Namun, ternyata itu, adalah video kebakaran di SPBU lain dan bukan kejadian di SPBU Medalem, Sumberrejo tersebut.

**(Kis/Red).

 

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar