Jum’at Berkah, Organisasi Shiddiqiyyah Bojonegoro, Bagi-bagi Nasi Kotak Ke Tukang Becak, Pengamen dan Dhu’afa

Sukisno

Jum’at Berkah, Organisasi Shiddiqiyyah Bojonegoro, Bagi-bagi Nasi Kotak Ke Tukang Becak, Pengamen dan Dhu’afa
Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Hari Jumat menjadi kesempatan yang sangat mulia untuk berbagi dengan sesama. Momentum itu dimanfaatkan oleh organisasi Shiddiqiyyah Bojonegoro, Jawa timur, untuk bagikan nasi kotak kepada tukang becak dan Pengamen jalanan, Jum’at (12/3/2021) sore.

Kegiatan tersebut menjadi salah satu pengaplikasian dari Ajaran thoriqoh shiddiqiyyah yang biasa dikenal dengan S3 (Silaturahim, Santun dan Shodaqoh). Salah satunya adalah dengan shodaqoh Nasi Berkah  seperti aksi pembagian Nasi Kotak, yang berlangsung di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Veteran, Bojonegoro Kota.

Kegiatan ini dimotori oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organisasi Shiddiqiyyah Kabupaten Bojonegoro melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan shodaqoh Sepuluh Shiddiqiyyah Bojonegoro dengan menyiapkan kurang lebih 100 kotak Nasi lengkap dengan air mineralnya.

Adapun, sasaran aksi pembagian Nasi Berkah yang dilakukan oleh Organisasi Shiddiqiyyah Bojonegoro ini ditujukan kepada para tukang becak dan juga masyarakat jalanan seperti pengamen dan Kaum dhuafa yang ada di seputaran Bojonegoro Kota itu.

Ridwan Sayyadi Ketua DPD Organisasi Shiddiqiyyah Bojonegoro mengatakan bahwa kegiatan berbagi Nasi Berkah yang sudah dijalankan selama sebulan ini. Menurutnya, bagi-bagi nasi kotak itu, merupakan bagian dari aplikasi ajaran Shiddiqiyyah untuk bershodaqoh dengan berbagi pada sesamanya.

Organisasi Shiddiqiyyah Bojonegoro, Jawa timur, saat membagikan nasi kotak kepada tukang becak, Pengamen dan dhu’afa, di seputaran Jl Gajahmada dan Jalan Veteran, Bojonegoro Kota, Jum’at (12/3/2021) sore.

“Selain berbagi Nasi kotak atau yang kita sebut nasi Berkah itu, juga masih banyak program – program yang dijalankan oleh organisasi di lingkungan Shiddiqiyyah Bojonegoro antara lain Santunan Nasional dan juga program pembangunan rumah layak huni yang menjadi program tahunan diseluruh Indonesia,” imbuh pria kelahiran madura yang saat ini menahkodai DPD Orshid Bojonegoro itu, kepada para awak media, Jum’at (12/3/2021) sore.

Sementara itu, koordinator aksi pembagian nasi berkah Mauli, menambahkan bahwa ke depan kegiatan seperti ini akan lebih banyak lagi atau ditingkatkan lagi.

“Kami sengaja membeli nasi di warung-warung sekitar titik pembagian nasi kotak tersebut. Hal itu kita lakukan untuk memberi manfaat dan kebaikan untuk pedagang yang kita beli barang daganganya,” ungkap Mauli serius.

Lanjut Mauli, pihaknya ingin berbuat baik dengan membagi-bagikan nasi akan tetapi membuat warung di sekitar situ nasinya tidak laku sehingga bisa menyakiti hati pedagang tersebut. Makanya, kita pesa asi ke warung-warug yang ada di sekitar lokasi aksi, kemudian nasi tersebut kita bagikan kepada pada tukang becak, pengamen jalaan dan juga kaum dhu’afa di sekitar lokasi pembagian nasi berkah tersebut.

Ditambagkan, melalui kegiatan ini pihaknya berharap bisa menarik banyak pihak untuk terus berbagi pada masyarakat Bojonegoro yang membutuhkan. Semoga kegiatan berbagi ini, bisa membuat semua pihak, lebih bergairah lagi, untuk ikut berbagi kepada sesama.

“Kondisi Pandemi Covid-19 ini, ekonomi sangat sulit sehingga jika kita berbagi akan bisa meringankan beban mereka yang terdampak Covid-19. Semoga Virus Corona atau Covid-19 ini segera cepat berlalu sehingga kondisi masyarakat bisa kembali seperti sedia kala,” katanya penuh harap.

**(Kis/Adv).

Bagikan

Also Read