10 Fakta Tentang Ikan Buntal Yang Nikmat Dan Mematikan

moch akbar fitrianto

Bagikan

Kasus Kematian karena mengkonsumsi ikan buntal sudah sering sekali kali terjadi di Indonesia. Untuk masyarakat Nelayan mengkonsumsi ikan ini mungkin sudah biasa karena memang sudah mengerti dan tau spesies mana yang bisa dimakan.

Keunikan dari ikan buntal ini adalah ikan dapat menggembungkan badannya ketika berhadapan dengan predator lain ditambah lagi dengan gigi yang kuat yang fungsinya untuk mencabik mangsa di bawah karang dan lain-lain.

Fakta Ikan Buntal Yang Perlu Kamu Ketahui

  • Ikan Buntal Mempunyai 1000 Jenis Spesies

Telah diteliti oleh pakar hewan laut bahwa ikan buntal mempunyai 1000 jenis spesies yang sama. Karena ikan buntal mempunyai tingkat perkembang biakan yang cepat dibandingkan ikan jenis lain.

  • Ikan Buntal Tumbuh Hingga 2 Meter
Baca Juga  Ungkapan Rindu untuk Orang yang Sudah Meninggal: Kata-Kata Menyentuh Hati

Ikan stella merupakan ikan buntal terbesar di dunia. Adapun ukuran ikan buntal stella yaitu mencapai 47 Inc atau 120 cm.

Baca juga : 3 Orang Meninggal Setelah Konsumsi Ikan Buntal Di Banyuwangi

  • Ikan Buntal Mempunyai Racun yang Berbahaya

Racun ini disebut dengan Tetrodotoxin atau TTX. Tetrodotoxin atau THX adalah neurotoksin bekerja untuk merusak sistem saraf sehingga menyumbat saluran komunikasi antara tubuh dengan otak dalam waktu singkat.

  • Ketika Terancam, Selain Beracun Ikan Buntal Juga Dapat Menggembungkan Tubuhnya Hingga 3 Kali Lipat dari Ukuran Normalnya

Jika diperhatikan lebih jauh ketka ikan buntal menggembungkan badannya, bentuk ikan ini hampir menyerupai bentuk bola dan di bagian tubuhnya akan mengeluarkan duri-duri tajam lagi beracun. Sehingga dengan adanya duri beracun tersebut akan membuat predator lain menghindar.

  • Ikan Buntal Mampu Berubah Warna
Baca Juga  Ungkapan Rindu untuk Orang yang Sudah Meninggal: Kata-Kata Menyentuh Hati

Ikan buntal mampu mengubah warna tubunya dengan tingkat kecerahan, kecerahan tersebut terkadang terlihat lebih terang dan terkadang terlihat lebih gelap. Keunikan tersebut bereaksi mengikuti kondisi yang ada di area sekitar ikan.

  • Ikan Buntal Mempunyai Gigi yang Kuat

Apabila dilihat sekilas, keempat gigi tersebut hampir menyerupai bentuk paruh, padalah itu bukanlah paruh! Namun, gigi ikan buntal mempunyai karakter seperti gigi hewan pengerat yang selalu tumbuh memanjang.

Untuk mengatasi tumbuhnya gigi, ikan buntal memotong giginya dengan cara menggesekkan gigi pada terumbu karang dan bebatuan.

  • Ikan Buntal Dapat Membuat Tempat Tinggal Sendiri

Ikan buntal putih membuat sarangnya dengan menggunakan bahan dasar pasir. Adapun gambaran rumah yang biasanya dibuat oleh ikan tersebut yakni berbentuk bulat seperti lapangan stadion dengan diameter 6 kaki atau 3 meter.

  • Ikan Buntal Bisa Dijadikan Sebagai Ikan Peliharaan
Baca Juga  Ungkapan Rindu untuk Orang yang Sudah Meninggal: Kata-Kata Menyentuh Hati

Berikut daftar ikan buntal yang aman untuk dipelihara: Buntal Spotted Green, Buntal Bronze dan Buntal Pignose.

  • Ikan buntal Menjadi Makanan Terlezat di Jepang

Selain menjadi ikan peliharaan rumah ikan ini juga menjadi santapan lezat. Di restoran Jepang, ikan buntal menjadi santapan yang lezat. Namun, dibutuhkan skil yang baik dalam mengolah ikan buntal sebelum diolah menjadi makanan yang lezat.

  • Ikan Buntal Menjadi Daftar Ikan yang Terancam Punah

Dalam waktu kurang dari 40 tahun terakhir, populasi ikan buntal menjadi berkurang hingga 99%.

Bagikan

Also Read