3 Orang Meninggal Setelah Konsumsi Ikan Buntal Di Banyuwangi

moch akbar fitrianto

Bagikan

Ikan buntal salah satu ikan yang cukup lezat untuk dinikmati, namun jika tahu cara memasaknya. Karena jika salah maka akan sangat fatal pada tubuh bahkan menyebabkan kematian.

Seperti yang terjadi di Desa Alasbuluh, Kec Wongsorejo, Kab Banyuwangi. 3 Orang yang masih satu keluarga ini meninggal dunia setelah mengkonsumsi ikan buntal buntal hasil pancingan mereka itu.

Ketiga korban keracunan tersebut adalah Muhlis Hartono (65), Dewi Ambarwati (50), dan Siti Habsah (80). Muhlis dan Dewi adalah pasutri, sementara Siti adalah ibu Dewi.

Baca Juga  Capaian bagus, Jalur Mudik Lamongan 2024 Minim Kecelakaan

Baca juga : Daftar UMK Jatim 2020, Bojonegoro, Tuban, Lamongan Naik Cukup Banyak

“Memang benar. Tiga orang meninggal diduga karena keracunan,” ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom, Selasa (10/3/2020).

Ikan tersebut, kata Arman, merupakan hasil pancingan Muhlis Hartono, yang kemudian dimasak oleh keduanya untuk lauk selama dua hari. Ikan itu dimasak bumbu santan dan digoreng.

Baca juga : 10 Fakta tentang Ikan Buntal

“Muhlis memancing pada 9 Maret lalu. Setelah ikan dimasak, ketiganya makan. Saat makan di hari pertama itu, perut mereka mulas. Namun mereka pada hari kedua tetap memakan ikan itu lagi. Mereka merasa pusing dan muntah,” tambahnya.

Baca Juga  Sejarah Sego Boran Lamongan, Yang Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Karena sakit yang terus-menerus, ketiganya kemudian langsung dibawa ke puskesmas terdekat. Namun nyawa ketiganya tak tertolong.

“Saat ini kami lakukan penyelidikan. Sampel makanan kami akan uji laboratorium untuk mengetahui apakah kematian ketiganya karena ikan buntal ini,” pungkasnya.

Bagikan

Also Read