Kolaborasi Pemuda Bangsa gugah kembali kesadaran sosial

moch akbar fitrianto

Bagikan

Kabar Terbaru Tentang Kolaborasi Pemuda Bangsa gugah kembali kesadaran sosial Yang Kami kutip dari berbagai sumber, Artikel ini telah mendapatkan editing dari tim kami Rakyatnesia. Semoga Berita Tentang Kolaborasi Pemuda Bangsa gugah kembali kesadaran sosial bisa memberikan anda wawasan lebih luas.

Surabaya (Rakyatnesia) – Kegiatan Kolaborasi Pemuda Bangsa 2023 diselenggarakan Komunitas Ini Indonesia di Kota Surabaya sebagai upaya menggugah kembali kesadaran sosial masyarakat untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya demi kemajuan bangsa. 

“Kegiatan itu tidak hanya menyuguhkan pertunjukan seni budaya, melainkan adanya diskusi kolaboratif untuk menumbuhkan kembali kesadaran sosial dalam berkontribusi bagi sekitarnya demi kemajuan bangsa,” kata Founder Komunitas Ini Indonesia Dani Ndolops dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan bakal digelar rutin di Surabaya untuk menyemangati anak-anak muda. Salah satu wujud kegiatan Kolaborasi Pemuda Bangsa, belum lama ini Konser Musik Budaya dan Diskusi Kolaboratif Bersama Membangun Bangsa. 

Baca Juga  Gempa Tuban, Menyisakan Kengerian Bagi Warga Lamongan

Kegiatan tersebut menampilkan banyak kolaborasi seni, Rakyatnesia lain pembacaan puisi kebangsaan oleh Ihwal Puisi, pergelaran musik gamelan kontemporer dan teater monolog oleh komunitas seni Nanggala Universitas Trunojoyo Madura.

Selain itu, kata dia, diskusi kolaboratif bersama Ketua Kadin Surabaya Ali Affandi, Ketua Hipmi Surabaya Denny Yan Rustanto, Ketua Sapma Pemuda Pancasila Jawa Timur Arderio Hukom dan The Founders Ini Indonesia Dani Ndolops Maulana, Radenmas Hasworo, Fahmi Adimara, Gege Moke. Kegiatan ditutup dengan penampilan musisi kawakan, Iksan Skuter.

“Jumlah peserta yang datang dan mendaftar mencapai 535 orang,” kata dia.

Menurut dia, kegiatan itu diselenggarakan atas dasar keprihatinan terhadap perilaku anak muda saat ini yang semakin jauh dari hal-hal positif, seperti adanya pemuda sekarang yang tidak memiliki sopan santun terhadap orang lebih tua dan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan sekitar. 

Baca Juga  Jamaah Haji Lamongan Dapat Kloter Awal, Berangkat Mulai 11 Mei 2024

Oleh karena itu, pihaknya ini tidak hanya menyuguhkan pertunjukan seni budaya melainkan juga diskusi kolaboratif untuk menumbuhkan kembali kesadaran sosial mereka untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitar dan demi kemajuan bangsa. 

Hal ini, lanjut Dani, dibuktikan dari seluruh pengisi acara yang dengan kompak membawakan tema-tema sosial agar menyadarkan kembali penonton, seperti teater monolog Nanggala yang menyinggung soal kemajuan zaman hingga membuat generasi muda kehilangan adab dalam berkehidupan sosial. 

Begitu pula berbagai pesan disampaikan narasumber Ali Affandi tentang pentingnya adab terhadap orang tua jika hendak meraih kesuksesan. 

Baca Juga  Ketua DPRD Lamongan 2014-2018, Kaharudin, Dipanggil KPK, Ada Apa ?

Sejalan dengan hal itu, Iksan Skuter menyampaikan pesan tentang menjadi manusia yang bisa membanggakan orang tua, melalui berbagai jenis pekerjaan. 

Hasworo dan Fahmi Adimara, The Founders Ini Indonesia, menyampaikan Komunitas Ini Indonesia ingin mewadahi anak-anak muda agar bisa mendapatkan berbagai masukan positif dari setiap kegiatan yang diadakan. 

“Ke depan Insya Allah, kami akan terus konsisten dalam menyuarakan pentingnya kontribusi pada seluruh pemuda Indonesia hingga mereka sadar dan mau berkolaborasi bersama membangun bangsa” kata dia.

 

Jangan lupa untuk membagikan artikel Kolaborasi Pemuda Bangsa gugah kembali kesadaran sosial di jejaring sosial milik anda, agar kawan, saudara dan keluarga tidak ketinggal berita tersebut. (dikutip dari :: jatim.antaranews.com)

Bagikan

Also Read