Dinas Pendidikan Bojonegoro, Gelar Bimtek Pengelolaan Dana BOS Bagi SD dan SMP

79

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Dinas Pendidikan (Dindik) Bojonegoro menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelola Dana Operasional Sekolah (BOS) tingkat SD dan SMP, DI Aula Kantor Dinas Pendidikan Bojonegoro, di Jalan Pattimura 26, Kelurahan Sumbang, Bojonegoro, Senin (8/3/2021).

Digelarnya Bimtek dana BOS adalah sebagai upaya mewujudkan peningkatan kualitas pengelola dana BOS yang efektif, efesien, transparan dan akuntabel.

Sesuai Permendikbud nomor 6 tahun 2021 tentang petunjuk teknis (juknis) pengelolaan dana BOS regular, di mana juknis BOS Reguler SD SMP SMA SMK Tahun 2021, dinyatakan dalam Besaran alokasi Dana BOS Reguler dihitung berdasarkan besaran satuan biaya masing-masing daerah dikalikan dengan jumlah Peserta Didik. 

“Sedangkan satuan biaya masing-masing daerah ditetapkan oleh Menteri dan Jumlah Peserta Didik dihitung berdasarkan data jumlah Peserta Didik yang memiliki NISN,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Bojonegoro Lasiran.

Lasiran juga menjelaskan bahwa peningkatan kapasitas dan kualitas pengelolaan Dana BOS  bisa dicapai apabila tim managemen sekolah mengerti, memahami, melaksanakan semua regulasi tentang tata kelola dana BOS.

“Melalui kegiatan ini diharapkan pengelola BOS di tingkat sekolah bisa lebih meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dan pelaporan BOS sesuai dengan regulasi terbaru dari Kemdikbud,” tambahnya.

Selain itu, Dindik mengajak seluruh bendahara BOS yang mengikuti Bimtek ini nantinya dalam pelaksanaan pengelolaan dana BOS tidak hanya baik dan benar dalam perencanaan atau penganggaran.  

“Namun dalam pembelanjaan atau pelaksanaan dan pelaporan mampu memberikan dampak bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan output dan outcame siswa kabupaten Bojonegoro,” pungkasnya.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More