SMAN 1 Paciran Adakan Pelatihan Pembuatan Majalah

moch akbar fitrianto

Bagikan

Dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatkan kemampuan staff di bidang jurnalistik khusunya dalam pembuatan buletin dan majalah internal SMAN 1 Paciran mengadakan pelatihan pembuatan majalah, bertempat di aula SMAN 1 Paciran (7/3/20) pagi.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri Fathan Faris Saputro peraih juara esai hari pers nasional (hpn) tahun 2020, owner Api Literasi Publishing.

Kedatangan Faris membuat suasana menjadi bergairah. Faris menyampaikan beragam materi teknik pembuatan majalah, penulisan berita sampai penulisan kreatif lainnya. Para peserta mendapatkan teori segala hal yang berhubungan dengan pembuatan majalah maupun penulisan.

Baca Juga  Sejarah Sego Boran Lamongan, Yang Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Materi diberikan secara umum mengenai konsep partitur dalam penerbitan dan juga secara khusus, seperti tata letak laporan utama serta data-data pendukung dan pembuatan majalah yang mencerminkan visi majalah. Secara khusus, juga diberikan bahan khusus mengenai pembuatan cover.

Faris yang juga pembina penulis di berbagai media online dan cetak banyak memberikan pengetahuan baru yang hanya dapat didapatkan dari kenyataan pekerjaan dalam penerbitan majalah yang profesional. Contohnya adalah beda peran-peran visualizer, desainer,serta ilustrator dan bagaimana komunikasi antara tim redaksi dan tim lay out seharusnya berjalan.

Baca Juga  Capaian bagus, Jalur Mudik Lamongan 2024 Minim Kecelakaan

Dalam pelatihan tersebut, para siswa yang dibimbing tidak hanya melulu belajar ilmu jurnalistik seperti merencanakan liputan, wawancara, hingga menulis dan menerbitkan berita. Mereka juga belajar bagaimana teknik menulis hingha membuat angle berita yang menarik.

“Terimakasih atas kesediaan Mas Faris memberikan pelatihan jurnalistik di sekolah kami. Berikutnya saya akan mengajak Faris untuk membimbing para siswa kami membuat majalah. Kata Arul, pembimbing jurnalistik SMAN 1 Paciran.

Bagikan

Also Read