Fakta 65 Warga Jawa Timur Masuk Daftar Positif Corona Berikut Data Datanya

moch akbar fitrianto

Bagikan

jatim – Fakta 65 Warga Jawa Timur Masuk Daftar Positif Corona Berikut Data Datanya, Sebuah pengumuman cukup mencengangkan datang dari Palang merah Indonesia Jawa Timur (PMI). PMI Mengeluarkan sebuah edaran berkenaan dengan penyebaran Virus Corona.

Surat internal ini ternyata membuat heboh media sosial dan beberapa jejaring sosial termasuk Whatsapp.

PMI Kabupaten Probolinggo menyebut ada kesalahan redaksional dalam surat edaran (SE) itu. Lebih-lebih pada penulisan warga suspect corona, yang juga mendapat sanggahan dari dinas kesehatan (Dinkes).

Dalam SE dengan nomor 267/02.06.00/YANKES/III/2020 tertanggal 3 Maret 2020 itu, PMI menyebut ada 65 warga Jawa Timur suspect corona.

Baca Juga  Rahasia Biaya Pendaftaran UTBK Unsoed 2024, Dijamin Lulus!

Baca juga : Ciri – Ciri Awal Kena Virus Corona di Indonesia

Puluhan warga itu berasal dari beberapa kabupaten/kota, yakni Sidoarjo 3 orang, Surabaya 34 orang. Lalu dari Tuban, Banyuwangi, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, dan Jember, masing-masing sebanyak 1 orang.

Kemudian Kediri ada 4 orang, Lamongan 2 orang, Lumajang 4 orang, malang 7 orang, serta Pamekasan, dan Ponorogo 1 orang. Terakhir Probolinggo sebanyak 3 orang.

Baca juga : Positif Corona Di Indonesia Bertambah 2 Orang

“Surat memang benar adanya, surat internal. Kami menyayangkan beredar, karena menimbulkan kegaduhan. Di mana masalah corona sangat sensitif,” kata Ketua PMI Kabupaten, dr. Shodiq Tjahjono, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga  Perahu Bocor, Nelayan Dari Brondong, Lamongan Ini Hampir Tak Terselamatkan

Dokter Shodiq mengatakan, tujuan surat itu sebagai instruksi kepada PMI di daerah, utamanya Kabupaten Probolinggo. “Untuk melakukan pendampingan kepada eks karantina Natuna, supaya mereka menjalani hidup sehari-hari dengan baik. Bukan bermaksud menyampaikan data tersebut suspect, ini adalah untuk intruksi,” ungkap mantan Kadinkes itu.

Baca juga : Empon Empon Corona Herbal Terbaik Tangkal Virus Laris Di Lamongan

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Joelijanto membantah ada 3 warga yang terjangkit virus corona (covid-19). Ia menegaskan jika warga pernah dikarantina di Natuna, tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

Baca Juga  Kawasan Lamongan, Gresik Dan Surabaya Disebut BNPB Bestatus Darurat Gempa

“Dinyatakan sehat dan dapat surat dari kementerian kesehatan. Sepulang ke Probolinggo, tidak perlu diamati. Tidak ada masalah bagi mereka yang pernah dikarantina,” tegasnya.

Dokter Anang menyebut angka kematian akibat virus corona kecil. Tetapi perlu hati-hati terkait penyebarannya.

“Gak usah panik, termasuk masker, karena masker hanya untuk orang sakit. Orang bisa sembuh dengan sendirinya, kalau orang sehat, pola makan bagus. Gak usah fikir di media sosial. Biasakan cuci tangan habis apapun saja. Bukan karena corona, tapi untuk hidup sehat,” tandasnya.

Bagikan

Also Read