BPBD Bojonegoro, Adakan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

Sukisno

BPBD Bojonegoro, Adakan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana
Bagikan

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Sebanyak 67 Personel Search And Rescue (SAR) Kabupaten Bojonegoro, mengikuti pelatihan Kesiapsiagaan Bencana selama 5 (lima) hari dimulai sejak tanggal 3 hingga 7 Maret 2016, oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, di Jalan A. Yani Bojonegoro.

Pelatihan Search And Rescue (SAR) yang dibuka oleh Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono tersebut, dalam rangka penanggulangan Bencana yang menjadi ancaman serius di Kabupaten Bojonegoro, selain diikuti oleh personel BPBD pelatihan juga diikuti Personel dari Kodim 0813 Bojonegoro, Polres Bojonegoro dan Lembaga Peduli Bencana.

“Pelatihan ini dilaksanakan karena hampir setiap musim baik itu musim penghujan maupun kekeringan di Bojonegoro terjadi bencana” ungkap Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono saat membuka pelatihan tersebut.

Menurutnya, terkait penanggulangan bencana itu, pelatihan yang digelar selama 5 (lima) hari , yaitu dua hari praktek di dalam dan tiga hari praktek di lapangan. Supaya dalam pelatihan tersebut dapat dipetakan keahlian masing-masing peserta dan potensi bencana yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Potensi bencana yang ada di Bojonegoro banyak, diantaranya puting beliung, banjir bandang, kebakaran dan banjir agar dapat dipilah (dipetakan), sehingga keahlian peserta yang disiapkan dan dipetakan tersebut sudah sesuai keahlian masing-masing peserta itu sendiri. Sehingga peserta mampu tanggap, terampil dan berinovasi dalam penanganan bencana tersebu,t” tegasnya.

Sementara itu, Kepala pelaksana BPBD Bojonegoro Andi Sudjarwo melalui Kasi Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD, Sukirno menyampaikan, adapun materi yang dilatihkan dalam pelatihan SAR tersebut adalah yang terkait dengan kebijakan umum bencana alam, yakni Water Rescue, Survival, Navigasi Darat (Navrat) serta penanggulangan bencana berbasis masyarakat. **(AP)

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar