Hadapi MEA dan Kurangi Pengangguran Disnakertransos Gelar Pelatihan

Sukisno

Hadapi MEA dan Kurangi Pengangguran Disnakertransos Gelar Pelatihan
Bagikan

BLORA (Rakyat Independen)- Untuk menghadapi Masyarakat ekonomi asia (MEA) dan masih tingginya angka pengangguran di Kabupaten Blora, mendorong Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Blora, melakukan beberapa terobosan yang salah satunya menggelar pelatihan kerja gratis bagi masyarakat.

Disnakertransos Blora melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) telah membuka latihan kerja bagi para calon tenaga kerja. Pelatihan tersebut melipuri 6 bidang keahlian yakni service hp, menjahit, bordir, las, serta perbengkelan motor dan mobil.

Sri Budi Lestari, Kepala UPTD BLK Blora menjelaskan bahwa pelatihan kerja kali ini dikikuti sebanyak 112 peserta dan para peserta pelatihan kerja akan mengikuti pelatihan selama satu bulan. Selain digratiskan, nantinya peserta pelatihan ini juga akan memperoleh modul serta sertifikat pelatihan kerja dari Pemkab Blora.

“Para peserta pelatihan sangat antusias untuk peserta yang paling banyak pada peserta menjahit yang di dominasi para wanita,” kata Sri Budi Lestari, Selasa (2/3/2016).

Menurutnya tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk memberikan soft skill bagi calon tenaga kerja. Sehingga nantinya para peserta pelatihan tersebut bisa mendapat ilmu dalam bidang yang diikuti. Selain itu pelaksanaan pelatihan ini juga untuk mengurangi pengangguran yang terjadi di wilayah Blora.

“Diharapkan dengan pelatihan ini nantinya mereka nantinya bisa mendapat pekerjaan yang layak dengan bekal yang telah diterima selama pelatihan,” lanjutnya.

Sementara itu Laeli Istiqomah salah satu peserta ,mengaku senang dengan adanya pelatihn ini. Pihaknya yang saat ini mengambil pelatihan menjahit ini bisa mendapat pengalaman yang berarti.

“Senang bisa ikut pelatihan, tentu dengan pelatihan ini bisa bermanfaat untuk kedepannya mencari kerja maupun membuka usaha sendiri dengan usaha wiraswasta. Ini sangat bagus dan perlu untuk terus dilanjutkan setiap tahunnya,” ungkapnya. **(Priyo).

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar