gempa bumi magnitudo 5,5 di Sigi disebabkan oleh aktivitas sesar

moch akbar fitrianto

Bagikan

Kabar Terbaru Tentang gempa bumi magnitudo 5,5 di Sigi disebabkan oleh aktivitas sesar Yang Kami kutip dari berbagai sumber, Artikel ini telah mendapatkan editing dari tim kami Rakyatnesia. Semoga Berita Tentang gempa bumi magnitudo 5,5 di Sigi disebabkan oleh aktivitas sesar bisa memberikan anda wawasan lebih luas.

Jakarta (Rakyatnesia) – gempa bumi bumi dengan magnitudo 5,5 yang terjadi pada Senin pukul 08.26 WIB di wilayah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, disebabkan oleh aktivitas sesar menurut pejabat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Episenter gempa bumi tektonik itu berada di darat pada koordinat 1,57 Lintang Selatan dan 120,26 Bujur Timur atau sekira 46 km tenggara Sigi pada kedalaman 10 km.

Baca Juga  Capaian bagus, Jalur Mudik Lamongan 2024 Minim Kecelakaan

“Dengan memperhatikan tempat episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar,” kata Kepala Pusat gempa bumi Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Menurut dia, gempa bumi bumi itu getarannya dirasakan di daerah Sigi pada skala intensitas IV Modified Mercally Intensity (MMI) atau dapat dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah jika terjadi pada siang hari.

Selain itu, gempa bumi bumi dirasakan pada skala intensitas III sampai IV MMI di daerah Palu, Poso, Wuasa, Toli-toli, Buol, Morowali Utara, Mamuju, Ampana, Wakai-Kepulauan Togean, Pasangkayu, Malili, Majene, dan Masamba.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

Pada skala III MMI, getaran gempa bumi dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan ada truk berlalu.

Di daerah Polewali Mandar dan Mamuju Tengah, getaran akibat gempa bumi dirasakan pada skala II MMI, dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Daryono mengatakan bahwa menurut pantauan BMKG hingga pukul 08.55 WIB ada empat aktivitas gempa bumi bumi susulan dengan magnitudo terbesar 4,5 setelah gempa bumi bumi dengan magnitudo 5,5 yang terjadi pada Senin pukul 08.26 WIB.

Baca Juga  Sejarah Sego Boran Lamongan, Yang Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Ia mengimbau warga di daerah yang mengalami gempa bumi menghindari bangunan yang retak atau hancur akibat oleh gempa bumi serta memeriksa bangunan tempat tinggal guna memastikan tidak ada kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

 

Jangan lupa untuk membagikan artikel gempa bumi magnitudo 5,5 di Sigi disebabkan oleh aktivitas sesar di jejaring sosial milik anda, agar kawan, saudara dan keluarga tidak ketinggal berita tersebut. (dikutip dari :: jatim.antaranews.com)

Bagikan

Also Read