Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Berita Jawa TimurFeatured

Pemprov Jatim Distribusikan Minyak Goreng ke-15 Kabupaten/Kota

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Guna memenuhi kebutuhan dan menstabilkan harga, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) kembali mendistribusikan minyak goreng ke pasar tradisional yang ada di 15 kabupaten/kota.

Pelepasan dilakukan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Jumat (4/3/2022) malam.

Gubernur Khofifah mengatakan, Pemprov terus melakukan sinergitas dengan Kemendag, RNI, PPI, APPMGI untuk memaksimalkan, memenuhi kebutuhan,  dan menekan harga minyak goreng bagi masyarakat di Jatim.

Sehari sebelumnya, Kamis (3/3/2022) sudah mengirim di 17 kabupaten/kota, dan hari ini Jumat (4/3/2022) di 15 kabupaten/kota. Serta untuk sisanya di enam kabupaten/kota akan dilakukan pada Sabtu (5/3/2022).

“Kami semua bekerja maksimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait kelangkaan minyak goreng di 38 kab/kota. Tolong tetap tenang dan bangun suasana nyaman di masing-masing titik, harapan kami HET akan diakses masyarakat di pasar-pasar tradisional,” imbuhnya.

Dijelaskan, dengan terpenuhinya kebutuhan akan membangun ketenangan, rasa aman terhadap seluruh pedagang maupun masyarakat. Sehingga akan memberikan penguatan semua pihak, utamanya pedagang kaki lima, para penjual gorengan, pengusaha katering, hingga ibu rumah tangga dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

“Tadi saya ke Pasuruan masih di atas HET, artinya yang dijual bukan distribusi dari tanki. Mudah-mudahan setelah mereka mendapat dari pembagian truk tanki, di Pasuruan dan titik-titik yang lain diikuti kedispilinan pedagang sampai ke konsumen, HET premium 14 ribu per liter,” ujarnya.

“Secara khusus kami berterima kasih atas upaya Kemendag yang telah bertugas memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa kenal waktu. Begitu pula RNI, PPI dan APPMGI,”pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah juga membagikan paket sembako kepada 20 pengemudi truk yang bertugas mengirimkan minyak goreng ke 15 kab/kota tersebut. Di dalam paket sembako sudah disertakan minyak goreng.

Sementara itu Disperindag Jatim, Drajad Irawan mengatakan, pemberangkatan migor ini ke 15 kabupaten/kota ini merupakan rangkaian migor yang 3.500 Ton yang sudah dikirim ke 17 kabupaten/kota pada Kamis (3/3/2022) malam dengan difasilitasi dan kerjasama bersama Kemendag.

Lebih lanjut, Dijelaskan untuk hari ini yang berjumlah 126 ribu Ton minyak goreng yang di distribusikan di 15 kabupaten/kota. Diantaranya, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Banyuwangi, Situbondo, Jember, Malang, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Blitar, dan Pasuruan.

“Diharapkan pengiriman 3.500 ribu ton minyak ini bisa diselesaikan pada 3 – 4 hari ini. Kemudian setalah 3.500 ton selesai  pihak pemerintah kembali mendistribusikan 4.000 ton dipasaran sampai harga minyak di pasaran kembali normal.

Sesuai permendag nomor 6 tahun 2022 tentang harga eceran tertinggi (HET) bisa terwujud, yaitu HET minyak premium Rp. 14.000, minyak sederhana Rp.13.500, dan minyak curah Rp. 11.500, “pungkasnya.

Baca Juga  Penuh Kebersamaan dan Kekompakan, BKP Kedungadem Bagi-bagi Takjil dan Bukber

**(Byan/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku