Jalur Cincin Api Gunung Semeru Ikut Erupsi Setelah Merapi

moch akbar fitrianto

Bagikan

Jalur cincin api memang sudah tidak asing lagi di dataran Pulau Sumatra Dan jawa Serta Samudra Hindia, dijalur tersebut terbentang beberapa patahan besar serta gunung merapi aktif.

Setelah Gunung Merapi di Perbatan Jateng dan DIY erupsi, kali ini giliran Gunung Semeru di Malang dan Lumajang, Jawa Timur yang menunjukkan gejala aktif.

Gunung Semeru Erupsi mengeluarkan awan panas hingga setinggi 3kilometer. Saat ini gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut berstatus level II atau waspada.

Baca juga : Video Erupsi Merapi Sampai Timbulkan Kilatan Mengerikan

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

“Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas hingga sejauh tiga kilometer sebagaimana yang dilaporkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Subagyo melalui pesan dijital,” ucap Agus melalui siaran pers.

Guguran awan panas terlihat dengan amplitudo maksimal 23 milimeter dengan lama gempa hingga 540 detik. Luncuran awan panas mengarah ke Besuk Kembar dan Besuk Bang dari pusat guguran awan panas dengan jarak kurang lebih 750 meter dari kawah utama.

Subagyo mengatakan fenomena tersebut sering terjadi. Bukan baru kali ini saja.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Kendati demikian, BPBD dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat agar waspada. Jangan ada yang beraktivitas di radius satu kilometer dan sekitar empat kilometer dari lereng bagian selatan-tenggara yang merupakan jalur luncuran awan panas dari kawah utama.

“Masyarakat juga diharapkan agar selalu waspada terhadap potensi luncuran awan panas di Kawah Janggring Saloko agar kemudian fenomena alam tersebut tidak menjadi bencana,” ucap Subagyo.

Gunung Semeru juga sempat erupsi pada 17 Januari lalu. Awan panas dan abu yang keluar mencapai 400 meter dari puncak.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Baca juga : Gunung Merapi Meletus, Tinggi Abu Mencapai 6Km

Sebelumnya, Gunung Merapi di Jawa Tengah juga erupsi pada pukul 05.22 WIB, Selasa (3/3). Tinggi erupsi mencapai sekitar 6 ribu meter dari puncak Merapi.

Erupsi ini bukan pertama kali lantaran pernah terjadi pada 13 Februari 2020 lalu. Namun, erupsi kali ini diyakini lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Bandara Adi Sumarmo, Solo sempat ditutup lantaran penerbangan berpotensi terganggu material vulkanik dari Gunung Merapi. Kini, sejak pukul 15.49 WIB Selasa (3/3), bandara sudah dibuka kembali.

Bagikan

Also Read