Video Erupsi Merapi Sampai Timbulkan Kilatan Mengerikan

63

Nasional – Video Erupsi Merapi Sampai Timbulkan Kilatan Mengerikan, Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada Selasa Pagi 2 Maret 2020. Badan Penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencanaan geologi (BPPTKG) melaporkan asap membumbung tinggi mencapai 6000 meter.

Tidak hanya asap pekat yang muncul dari gunung tapi juga disertai dengan kilatan – kilatan didalam asap tersebut.

Berdasarkan video yang diunggah oleh @merapi_news dan @jogja_ig di Instagram, terlihat kilatan-kilatan tersebut muncul bersama asap tebal yang tidak lain adalah awan panas. Terdengar juga suara penduduk sekitar yang berniat segera turun usai melihat adanya erupsi.

Baca juga : Gunung Merapi Meletus, Tinggi Abu Mencapai 6Km

“Wah, ngeri lur. Iki mudun wae cah. Genah mudun wae nek iki,” Wah, seram teman-teman. Kalau ini turun saja kita. Benar-benar harus turun kalau ini,” ujar suara yang ada di dalam video.

BPPTKG melaporkan awan panas yang keluar dari puncak gunung Merapi berguguran ke arah hulu sungai Gendol dengan kecepatan maksimal 2 kilometer.

Sementara, arah angin saat terjadi erupsi mengarah ke bagian utara. Hujan abu juga terjadi di wilayah Boyolali usai gunung Merapi dilaporkan erupsi.

“Teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 6000 meter dari puncak dan arah guguran ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 kilometer. Arah angin saat erupsi menuju utara,” tulis BPPTKG via Twitter.

BPPTKG mengimbau agar warga tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 kilometer dari puncak gunung Merapi. Diimbau juga untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik. Gunung Merapi berstatus waspada sejak 21 Mei 2018 hingga saat ini.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More