Bupati Bojonegoro Ajak Pengurus KNPI Membangun Sinergitas dan Ikut Mengawal Pembangunan Bojonegoro

Sukisno

Bupati Bojonegoro Ajak Pengurus KNPI Membangun Sinergitas dan Ikut Mengawal Pembangunan Bojonegoro
Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah mengajak pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bojonegoro itu, untuk membangun sinergitas dan ikut mengawal program Pemerintah Kabupaten  (Pemkab)  Bojonegoro, Jawa timur.

Hal itu disampaikan Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah saat hadir di acara pelantikan pengurus DPD KNPI Bojonegoro periode 2020-2023, yang berlangsung di Pendopo Malowopati Kantor Pemkab Bojonegoro, yang berada di Jalan P Mas Tumapel 1, Bojonegoro, Minggu (28/2/2021). 

Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, akrab disapa – menuturkan program kerja KNPI Bojonegoro tentu sudah teruji secara teoritik. Kini tinggal menunggu realisasi untuk terus bersinergi bersama Bangkesbangpol dan Dinas Pemuda Olahraga Bojonegoro. 

“Ada 12 program yang segera dilaksanakan. Sehingga DPD KNPI menjadi sinergitas dan pengawalan program,” ungkap Bu Anna. 

Lanjut Bu Anna, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, era 4.0 digaungkan dimanapun. Namun realisasinya hingga kini belum siap dan perlu dipersiapkan. 

“Saat Musyawarah Daerah (Musda) lalu, telah kami sampaikan bawah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro secara sungguh-sungguh akan melaksanakan digitalisasi,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPD KNPI Jawa Timur, Hasan Bisri, menyampaikan era revolusi industri 4.0 dimana hoax dan kebencian muncul. Segala perubahan secara mencolok juga muncul. Ibaratnya jika ingin memiliki sebuah usaha restoran tentu memiliki tempat, menu dan pelayanan. 

Namun saat ini justru yang tidak memiliki restoran dan menu pun bisa menjual makanan setiap harinya. Inilah tantangan terbesar. “Di era 4.0 merupakan sebuah tantangan zaman terbesar dan terberat bagi kita semua,” ungkap Hasan Bisri.

Menurutnya, program kerja KNPI nantinya akan disesuaikan dengan program pemerintah daerah agar terwujud kerjasama solid antara pemuda dan pemerintah.

“Dalam pelaksanaannya nanti, KNPI ingin memberdayakan pemuda. Baik melalui beberapa kegiatan kepemudaan yang saling bersinergi,” ucapnya.

Sementara itu, saat pelantikan pengurus KNPI juga dilakukan penyerahkan hasil Musrenbang Kepemudaan yang dilakukan KNPI beberapa waktu lalu. Jika Bupati punya 17 program strategis, KNPI punya 12 program strategis pemuda.

Ktua DPD KNPI Bojonegoro periode 2020-2023, Miftakhul Huda menjelaskan, Musrenbang Kepemudaan berawal dari kegelisahan pemuda Bojonegoro, sehingga lahir inisiatif bersamaan pelantikan DPD KNPI Bojonegoro.

“Kita mohon bimbingan dan arahan Bupati. Sifatnya formalitas, diskusi sudah kita lakukan lintas OKP ada 12 program strategis KNPI,” jelasnya.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read