Pemkab Mojokerto percepat perbaikan tanggul jebol, KabarJatim

moch akbar fitrianto

Bagikan

Kabar Terbaru Tentang Pemkab Mojokerto percepat perbaikan tanggul jebol Yang Kami kutip dari berbagai sumber, Artikel ini telah mendapatkan editing dari tim kami Rakyatnesia. Semoga Berita Tentang Pemkab Mojokerto percepat perbaikan tanggul jebol bisa memberikan anda wawasan lebih luas.

Mojokerto (Rakyatnesia) – Pemerintah Kabupaten Mojokerto, mempercepat perbaikan tanggul jebol dan pembersihan sungai di sejumlah desa di wilayah setempat usai dilanda banjir akibat hujan deras selama beberapa jam pada Kamis (9/2).

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati langsung merespons cepat dengan menerjunkan tim untuk melakukan pembersihan aliran sungai yang dipenuhi sampah.

“Selain itu, kami juga berupaya secepatnya melakukan perbaikan tanggul yang jebol,” katanya saat meninjau tempat banjir di Dusun Gembongan, Desa Jotangan, Kecamatan Mojosari, Jumat.

Baca Juga  Sejarah Sego Boran Lamongan, Yang Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Selain di Desa Jotangan, Ikfina juga meninjau sejumlah titik wilayah yang terendam banjir dan tanggul jebol, seperti di Dusun Kaliurip, Desa Kalipuro, Kecamatan Pungging, Dusun Patung, Desa Pungging, Kecamatan Pungging dan Desa Tinggar Buntut, Kecamatan Bangsal.

Ia mengatakan penanganan banjir dengan melakukan pembersihan sampah sungai serta perbaikan tanggul yang jebol difokuskan untuk menangani banjir.

“Bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI), TNI-Polri, dan masyarakat serta sukarelawan melakukan perbaikan,” ucapnya.

Baca Juga  Capaian bagus, Jalur Mudik Lamongan 2024 Minim Kecelakaan

Banjir di wilayah tersebut akibat curah hujan di dataran tinggi yang membawa material pohon, sehingga menyumbat aliran sungai yang ada di dataran rendah. “Selain itu, banjir juga disebabkan adanya tanggul yang jebol,” ucapnya.

Sebetulnya ada beberapa kecamatan yang terdampak banjir, seperti di Kecamatan Kutorejo, Ngoro, Mojoanyar, Bangsal, dan Puri.

“Tetapi, semuanya sudah surut kecuali di wilayah Jotangan, karena di situ ada tanggul yang tahun kemarin sudah diperbaiki dan sekarang jebol lagi. Sehingga, merendam pemukiman warga serta areal persawahan sekitar 30 hektare,” ucapnya.

Selain pembersihan aliran sungai, kata dia, Pemkab Mojokerto juga menangani warga yang terdampak banjir dengan menyediakan tenda pengungsian untuk pelayanan kesehatan dan dapur umum.

Baca Juga  Ketua DPRD Abdul Ghofur Bakal Calonkan Diri Sebagai Pemimpin Lamongan Di Pilkada Mendatang

Bupati Ikfina juga mengerahkan jajarannya untuk melakukan asesmen dan tindak lanjut penggantian bibit untuk para petani yang sawahnya terendam banjir.

“Kami maksimalkan, karena ini berhubungan dengan hasil panen dan ketersediaan padi di Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyerahkan sejumlah paket sembako kepada warga terdampak banjir. “pertolongan ini diserahkan kepada ibu-ibu dan lansia Dusun Kaliurip, Desa Kalipuro,” ujarnya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel Pemkab Mojokerto percepat perbaikan tanggul jebol di jejaring sosial milik anda, agar kawan, saudara dan keluarga tidak ketinggal berita tersebut. (dikutip dari :: jatim.antaranews.com)

Bagikan

Also Read