Melongok, Banjir Yang Selalu Melanda Bojonegoro

Sukisno

Bagikan

Siang ini, Bojonegoro Kota sedang gerimis. Suasananya cukup dingin karena sejak pagi tadi mentari enggan menampakkan wajahnya. Hampir setengah hari cuaca redup hingga dilanjutkan dengan gerimis membasahi Kota Ledre, Sabtu (13/2/2016).

Di dalam kota Bojonegoro, tak nampak jika ada banjir yang sedang melanda. Karena ada tanggul Bengawan Solo yang berdiri kokoh di utara kota itu. Aktifitas warga, terlihat berjalan seperti biasanya. Pasar Kota Bojonegoro masih dipenuhi pera ibu-ibu, remaja putri dan wanita paruh baya yang lalu lalang sedang membawa barang belanjaannya.

Sementara di utara Tanggul Bengawan Solo, ada ratusan hingga ribuan rumah yang sedang terendam bencana alam banjir itu. Akan tetapi, aktifitas di dalam kota tetap seperti biasanya.

Di Lorong VI kelurahan Ledok Wetan, nampak anak usia sekitar 3 (tiga) tahun yang bernama Sakti, terlihat begitu senang dengan datangnya air banjir itu. Dia mengitari lingkungan dan menyusuri lorong itu untuk bersepda dengan tiga roda itu.

Dengan kondisi air banjir sekitar 5 centi meter hingga 15 centi meter yang sudah memasuki lingkunganya itu, membuat dia nyaman dengan suasana itu dan terus-menerus mengitari lingkungan RT.06/RT.01 di Kelurahan Ledok Wetan itu.

Kalau anak-anak bisa bermain dengan riangnya, lain halnya dengan orang dewasa seperti Gimun (45) warga Lorong VI kelurahan Ledok Wetan itu. Mereka justru was-was dengan peningkatan air banjir itu.

Gimun (45) yang tinggal di lingkungan RT.06/RW.01 Kelurahan Ledok Kulon mengatakan, jika banjir sudah mulai surut lagi. “Alhamdulillah, banjirnya sudah surut sekitar 5 centi meter lebih mas,” katanya singkat.

Data yang berhasil dihimpun di UPT PSDA Balai Besar Bengawan Solo Bojonegoro menyebutkan, banjir Sabtu (13/2/2016), pada pukul 9.00 WIB ketinggian air di Karangnongko mencapai 27.39 sedang di TBS Bojonegoro 14.20. Pada pukul 12.00 WIB TMA di Karangnongko 27.12 dan di TBS Bojonegoro 14.12.

“Jika dibandingkan dengan TMA tertinggi jam 6 pagi yaitu 14.21 dan pada jam 12 siang menjadi 14.12, berarti banjir di Bojonegoro surut sekitar 9 centi meter,” tegas Wijianto petugas sedot air UPT PSDA Ledok Wetan itu. **(Kis/AP)

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar