Home

Pj Bupati Aceh Timur Buka Simulasi Pencoblos Pertama Surat Bunyi Pemilu 2024

Pj Bupati Aceh Timur Buka Simulasi Pencoblos Pertama Surat Suara Pemilu 2024

 

Laporan Maulidi Alfata | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Pj Bupati Aceh Timur Ir.Mahyuddin membuka simulasi pemungutan dan perkiraan bunyi Pemilu 2024.

Simulasi itu dimulai dengan pencoblosan pertama oleh PJ Bupati pada simulasi pemungutan dan perkiraan bunyi pemilu 2024, di halaman Kantor pemerintahan Aceh Timur, Senin (29/1/2024).

Pantauan Serambinews.com Pj Bupati mulai memasuki Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menemukan surat bunyi sekitar pukul 10:30 WIB. Dalam simulasi itu Pj didampingi Ketua DPRK Aceh Timur Fatah Fikri dan Kapolres Aceh Timur AKBP Nova Suryandaru.

Selanjutnya PJ Bupati mencoblos dan memasukkan surat bunyi sesuai dengan kotak yang sudah ditentukan.

“Hari ini kita menjalankan simulasi, terhadap penduduk di sekeliling kantor pemerintahan, simulasi ini berniat mudah-mudahan penduduk mengetahui cara coblos yang benar,” ujarnya.

Ia juga membuktikan antisipasi untuk menghadapi pemilu 2024 sudah disediakan dimulai dari penyelenggaraan, penjagaan serta pihak kesehatan.

“Alhamdulillah sejauh ini lancar, dari pihak penyelenggara sudah siap, tim keselamatan dari kepolisian juga sudah siap serta tim kesehatan juga siap menghadapi pemilu ini,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur, Yusri membuktikan bahwa simulasi ini berniat untuk melatih penduduk mudah-mudahan tidak gelagapan pada hari pencoblosan serta simulasi penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

“Pada pelaksanaan nanti kita akan lihat dimana penduduk yang mengalami kesusahan, dan kita juga menjumlah butuh berapa menit untuk menjalankan pencoblosan,” ungkapnya.

Ia Menambahkan, Simulasi itu dibuka eksklusif oleh PJ Bupati Aceh Timur dengan menjadi pencoblosan pertama.

“Pak Pj menjadi pencoblos pertama di program simulasi hari ini,” tuturnya.