Home

Israel Serang Kota-Kota Lebanon, Hizbullah Balas Porak-Porandakan Metula-Margaliot-Kiryat Shmona

Israel Serang Kota-Kota Lebanon, Hizbullah Balas Porak-porandakan Metula-Margaliot-Kiryat Shmona

Israel Serang Kota-Kota Lebanon, Hizbullah Balas Porak-porandakan Metula-Margaliot-Kiryat Shmona

TRIBUNNEWS.COM – Eskalasi peperangan di perbatasan Lebanon dan Palestina yang diduduki Israel makin berbincang gejala menuju perang lintas-teritorial skala sarat antara golongan milisi Hizbullah dan Tentara Israel (IDF).

Koresponden Al Mayadeen di Lebanon Selatan melaporkan serangan Israel ke kota-kota di wilayah perbatasan di teritorial Lebanon dibalas Hizbullah dengan peluncuran rudal ke kota dan permukiman Yahudi di wilayah pendudukan Israel.

Laporan itu menyebut, pasukan Israel melakukan aksi kepada kota-kota dan desa-desa di Lebanon selatan.

“Pesawat tempur Israel melakukan serangan udara di pinggiran kota al-Hebbariyeh. Selain itu, suatu drone Israel melakukan tiga serangan di kota Marwahin.”

“Koresponden kami menyertakan bahwa penembakan artileri Israel menargetkan pinggiran kota Al-Jibbain, Yarin, Alma al-Shaab, al-Naqoura, Al-Dhayrah, dan Tayr Harfa,” tulis laporan Al Mayadeen dikutip Jumat (2/1/2024).

Drone Israel juga melakukan tiga serangan di kota Marwahin.

Pemandangan Kiryat Shmona, permukiman Yahudi di Israel utara. Kota ini menjadi zona merah perang yang menjadi sasaran serangan  golongan milisi perlawanan Lebanon.
Pemandangan Kiryat Shmona, permukiman Yahudi di Israel utara. Kota ini menjadi zona merah perang yang menjadi sasaran serangan golongan milisi perlawanan Lebanon. (Bnaya Levi/Wikimedia Commons)

Pemukiman Yahudi Porak-poranda

Hizbullah dilaporkan membalas serangan-serangan Israel itu dengan meluncurkan gelombang serangan ke situs dan pemukiman Israel.

Media Israel menyebutkan setidaknya empat roket mendarat di pemukiman Metula.

Permukiman Yahudi dilaporkan menjadi kota mati di mana jalan-jalan utama lumpuh dan ratusan rumah rusak gegara serangan roket dari Lebanon.

Laporan itu menyinari tidak kurang dari 500 rumah dan bangunan rusak akhir serangan Hizbullah sejak permulaan eskalasi.

Al Mayadeen juga melaporkan Hizbullah juga melancarkan ke pemukiman Margaliot dan Kiryat Shmona.

“Koresponden kami menyebutkan bahwa tembakan pribadi diluncurkan dari Lebanon ke lokasi Israel di wilayah barat al-Jalil yang diduduki, mengakibatkan sirene perayaan di pemukiman Margaliot dan Kiryat Shmona,” tulis laporan itu.

Pangkalan udara Meron Israel diserang 62 roket Hizbullah.
Pangkalan udara Meron Israel diserang 62 roket Hizbullah. (tangkap layar)

Empat Serangan Pada Kamis, Rudal Barak Zarit

Hizbullah pada hari Kamis memberi tahu apabila para pejuangnya melakukan empat operasi kepada situs dan pos militer Israel.

Dalam suatu pernyataan, Hizbullah menyebutkan bahwa pada pukul 09:00 pagi, pejuang mujahidin menargetkan perlengkapan pengawasan di lokasi al-Radar di Peternakan Shebaa Lebanon yang diduduki dengan senjata yang sesuai.

Hizbullah mengklaim serangan itu tentang sasaran secara langsung.

Pada pukul 15.55, Hizbullah menyerang lokasi Al-Samaqa di Peternakan Shebaa Lebanon yang diduduki dengan senjata rudal, dan pribadi menghantamnya.

Pada pukul 16.12, Hizbullah menargetkan lokasi al-Ramtha di Peternakan Shebaa Lebanon yang diduduki dengan senjata rudal, sehingga membuat serangan langsung.

Di wilayah lain, Hizbullah mengkonfirmasi apabila pada pukul 21.30, para pejuangnya menargetkan barak “Zar’it” dengan senjata roket, dan menciptakan serangan langsung.

“Hizbullah memastikan kembali apabila operasi militer ini dijalankan untuk mendukung usaha rakyat Palestina yang teguh di Jalur Gaza dan selaku solidaritas kepada milisi Perlawanan mereka yang berani dan terhormat,” tulis pernyataan golongan perlawanan tersebut.

(oln/*/almydn)

moch akbar fitrianto

Jurnalis Dari Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 10 tahun. Tulisan berita Lamongan, umum, prediksi bola , dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button