Akibat Hujan Deras, Jalan di Kecamatan Kedewan Longsor

moch akbar fitrianto

Bagikan

Bojonegoro.Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro mengakibatkan tanah longsor.

“Dampak bencana jalan Hot Mix antar Kecamatan mengalami keretakan,” kata Plt Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Umar Ghoni.

Selain itu dalam musibah ini juga mengakibatkan saluran Pam Sismas terputus sehingga mengganggu aktivitas warga setempat.

“Dimensi longsoran = P : 20 M, L : 1 M, T : 3.5 M,” Kata Umar Ghoni.

Meski tidak ada korban jiwa maupun korban luka, namun diperkirakan berpotensi terjadi longsor susulan dan rumah dibawah tebing terdampak. Hal ini dikarenakan kemiringan tebing yang curam dan memiliki jenis tanah batuan berpasir sehingga jenuh air dan tanaman disekitar tebing yang berkurang.

“Kurangnya drainase sehingga apabila turun hujan deras, air langsung masuk ke tanah dan menggerus lapisan tanah,” kata Umar Ghoni.

Hingga saat ini pihak desa telah melakukan perbaikan sementara untuk Pam Simas dan jalan saat ini diberi bambu serta mengganjal dengan batu-batuan. Dalam hal ini dirinya menghimbau kepada masyarakat supaya tidak mendekati lokasi tersebut karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

“ Supaya berhati-hati apabila melewati sekitaran lokasi tersebut,” katanya.

(Yasir/red).

Bagikan

Also Read