Selamat bulan puasa
berita bojonegoroFeatured

Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat, Bupati Bojonegoro Resmikan Gedung Puskesmas Pungpungan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah meresmikan gedung Puskesmas Pungpungan, yang berada di Desa Pungpungan, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Jumat (28/1/2022).

Persemian Gedung baru Puskesmas Pungpungan ini, menggantikan Puskesmas sebelumnya yang berada di Kompleks Kantor Desa Pungpungan itu adalah sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro untuk  meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro, Ani Pudjiningrum dalam kata sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah yang mensupport penuh dalam bidang kesehatan.

Lanjut Ani Pudjiningrum, dengan adanya Puskemas Pungpungan yang baru ini, diharapkan bisa menambah pelayanan kesehatan warga di wilayah Desa Pungpungan dan sekitarnya.

“Terimakasih Ibu Anna, karena dengan Puskesmas Puskesmas Pungpungan yang baru ini, tentu fasilitas kesehatan di Kecamatan Kalitidu semakin meningkat,” tegasnya.

Baca Juga  Akibat Putus Cinta, Seorang Pemuda Asal Miyono, Sekar Ini, Bunuh Diri di Bengawan Solo. Begini Kronologinya

Ditambahkan, bahwa Kecamatan Kalitidu terdapat 18 desa dengan jumlah penduduk 46.000 jiwa lebih, sehingga diperlukan adanya penambahan sarana prasarana kesehatan, seperti Puskesmas baru.

“Dengan telah dibangunnya Puskesmas Pungpungan yang baru ini, diharapkan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan bisa maksimal dengan layanan unggulan berupa kesehatan jiwa,” ungkap Ani Pudjiningrum.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menjelaskan bahwa pada tahun 2021 lalu, Kabupaten Bojonegoro sudah UHC 100 persen, artinya kesehatan masyarakat sudah di-cover oleh BPJS Kesehatan.

“Dengan kesehatan masyarakat yang sudah di-cover oleh BPJS kesehatan, sehingga bisa memudahkan masyarakat dalam hal kesehatan sesuai dengan aturan Permenkes,” kata Bupati Wanita pertama di Bumi Angling Dharma itu menegaskan, Jum’at (28/1/2022).

Tahun 2021, Pemkab Bojonegoro juga telah meningkatkan status dari puskesmas ke RS tipe C dan D yang ada di Kecamatan Kepohbaru dan Padangan dengan tujuan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat di wilayahnya.

“Dengan begitu, masyarakat bisa berobat di Kabupaten Bojonegoro sehingga tidak berobat ke luar kota,” imbuhnya.

Lanjut Bu Anna – demikian Bupati Bojonegoro, akrab disapa, bahwa semua itu berguna untuk  mendukung pertumbuhan  index manusia pada tiga sektor yaitu ekonomi, pendidikan, kesehatan serta bisa menambah pelayanan dasar serta kabupaten Bojonegoro serta dalam konteks live time (angka harapan hidup) di Kabupaten Bojonegoro bisa mencapai usia 72 tahun.

“Dengan kondisi itu, kesehatan masyarakat di kabupaten Bojonegoro sudah sangat baik seperti negara maju yang mengacu pada angka live time di atas 70 tahun ke atas,” katanya menandaskan.

Pihaknya berharap,  dengan adanya kemudahan akses pelayanan kesehatan di Kabupaten Bojonegoro bisa mempermudah akses kesehatan yang cepat dan lebih baik lagi.

Tampak hadir, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, Wakapolres Bojonegoro Kompol Moh Wahyudin Latif, Asisten 1 Setkab Bojonegoro Djoko Lukito, Camat Kalitidu M. Yasir, Kapolsek Kalitidu AKP Harjo, Danramil Kalitidu Kapten Arm Lugiantoro, Kades Pungpungan Slamet Hari Hadi dan  tokoh masyarakat serta undangan lainnya.  

**(Kis/Red).

Klik Baca Lebih Lanjut

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button