Viral, Pemkot Bogor Maksimalkan Potensi Kampung Durian di Rancamaya

Nur Chafshoh

Viral, Pemkot Bogor Maksimalkan Potensi Kampung Durian di Rancamaya
Bagikan

Rakyatnesia.com – Informasi Viral Seputar Pemkot Bogor Maksimalkan Potensi Kampung Durian di Rancamaya ini kian banyak dicari oleh masyarakat online – pengguna internet di Indonesia, Mulai dari para pengguna Media sosial Facebook, Tiktok, Instagram. Apakah anda telah membaca kisah menarik Pemkot Bogor Maksimalkan Potensi Kampung Durian di Rancamaya ini, kalau belum silahkan merasakan isu viral ini diberi tahu oleh kami untuk anda.

Rakyatnesia.com– Menggeliatkan kembali ekonomi usai dihantam pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berupaya untuk memaksimalkan potensi Kampung Durian di Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selaran, Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menjelaskan bahwa keberadaan durian asli Kota Hujan ini sudah ada ratusan tahun lamanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya pohon durian yang berusia sekitar 120 tahun dan 80 tahun yang saat ini masih produktif. Hal tersebut tentunya menjadi peluang untuk memulihkan perekonomian warga khususnya di Bogor Selatan.

“Saat Rakornas Forkopimda se Indonesia, presiden Joko Widodo berharap ada kota-kota di Indonesia yang khas seperti Malang yang terkenal dengan apelnya. Untuk itu pamor durian Rancamaya sebagai identitas Bogor terus ditingkatkan,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Untuk mengupayakan hal tersebut, kata Bima, ia sudah berkoordinasi dengan Camat Bogor Selatan untuk menasionalkan durian yang ada di Rancamaya. Upaya meningkatkan pamor durian Rancamaya sebagai identitas Bogor terus dilakukan dengan restorasi durian lokal.

Selain upaya memaksimalkan potensi kampung durian, lanjut Bima, distribusi pemasaran durian Rancamaya ini juga harus disebar di pusat kota dan di wilayah lain di Kota Bogor. Upaya itu bahkan telah dilakukan lebih awal dengan cara penanaman pertama bibit durian lokal sebanyak 2.700 bibit di Kampung Legok Petir, Kelurahan Rancamaya.

“Karena sudah ada modalnya duren Rancamaya ini, nanti tempat dan sebagainya harus kita bangun intervensi fisik karena persoalan akses dan lain-lain. Saya membayangkan nanti jalanya dibangun kemudian ada intervensi dan lain-lain,” jelas Bima.

Sementara itu, Lurah Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Hardi Rahardian mengakui, saat ini populasi durian rancamaya memang agak berkurang, untuk itu Pemkot Bogor terus melakukan restorasi. Rencana Pemkot menjadikan durian rancamaya untuk menjadi identitas Bogor sebagai kota durian merupakan tantangan tersendiri bagi wilayah, masyarakat dan petani.

“Kita akan terus merestorasi dan kita memberikan edukasi ke masyarakat bahwa durian rancamaya ini sudah benar-benar jadi identitas Kota Bogor, sehingga harus dijaga, kita rawat dan terus kita tanam,” kata Lurah Rancamaya Hardi Rahadian. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Nah Itu tadi Berita viral Pemkot Bogor Maksimalkan Potensi Kampung Durian di Rancamaya, kalau anda menyukai atau terkesan dengan tulisan ini, silahkan bagikan di media sosial kesayangan anda, biar sahabat – sahabat atau saudara tak tertinggal update isu – isu viral hal yang demikian.

Bagikan

Also Read

Tags