HomeMata Lokal Memilih

Jokowi Jumpai Sultan Hb X, Ganjar: Tidak Apa-Apa, Kebetulan Aku Yang Pertama Diterima Ngarsa Dalem

Jokowi Temui Sultan HB X, Ganjar: Tidak Apa-apa, Kebetulan Saya yang Pertama Diterima Ngarsa Dalem

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan konferensi tertutup dengan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Kraton Yogyakarta, Minggu (28/1/2024).

Calon Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo menyebut, semua orang boleh berjumpa dengan Sultan Hamengku Buwono X.

“Tidak apa-apa, semua orang boleh bertemu,” kata Ganjar terhadap wartawan, usai menghadiri kampanye akbar dalam program bertajuk “Hajatan Rakyat” di Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, Minggu (28/1/2024).

Lantas, Ganjar mengungkapkan bahwa dirinya yang diterima pertama oleh Raja Keraton Ngayogyakarta, sebelum dibarengi oleh capres lain, dan terkini Presiden Jokowi.

Saat itu, Ganjar berdiskusi dengan Sultan HB X selama dua jam. Berbeda dengan Jokowi yang cuma satu jam berjumpa Sultan HB X.

“Saya kebetulan yang diterima pertama di saat itu, dan diskusi nyaris dua jam begitu. Saya tidak menyangka, panjang sekali, berbagai pesan-pesan moral berbangsa bermasyarakat yang sungguh baik,” ujar mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Untuk diketahui, capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo yakni yang pertama menemui Sultan pada 27 Desember 2023.

Sementara paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Senin(22/1) kemarin. 

Setelah itu, Capres nomor urut 01 Anies Baswedan berjumpa Sultan pada Rabu (24/1).

“Mudah-mudahan semua kandidat yang ada di sana atau siapapun tamu yang tiba juga akan menemukan pesan yang sama, bahwa republik ini mesti diatur dengan baik, mesti diatur dengan sarat integritas dan bela lah rakyat gitu ya,” pungkas Ganjar.

Presiden Jokowi Temui Sri Sultan Hamengku Buwono X

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan konferensi tertutup dengan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Kraton Yogyakarta, Minggu (28/1/2024).

Jokowi tiba di Kraton Yogyakarta sekira pukul 10.25 WIB.

Tepantau, Jokowi meninggalkan Kraton Yogyakarta 11.30 WIB.

Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan (KHP) Kridhomardowo atau Kepala Departemen Pengembangan Kebudayaan Kraton Yogyakarta, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro, menyampaikan Jokowi dan Sri Sultan berkata-kata secara empat mata di Keraton Kilen.

Kedatangan Jokowi menurutnya dalam rangka bersilaturahmi dengan Sri Sultan HB X.

“Pertemuan berdua saja. Tadi kurang lebih berjumpa satu jam. Pertemuannya tertutup, jadi jikalau saya ditanya ngobrolin apa, saya nggak tahu,” kata KPH Notonegoro, Minggu siang.

KPH Notonegoro menyodorkan Presiden Jokowi berulang kali bersilaturahmi ke Ngersa Dalem di saat berkegiatan di Yogyakarta.

Satu pola di saat momen Lebaran, Presiden Jokowi menurut KPH Notonegoro meluangkan waktu bersilaturahmi ke Sri Sultan HB X.

Kalau Idulfitri juga kan Bapak Presiden bareng keluarga berjumpa (Ngarsa Dalem). Idulfitri tahun lalu,” ujarnya.

Pada kunjungannya kali ini, Presiden Jokowi melakukan konferensi dengan Sri Sultan HB X di Keraton Kilen.

Presiden Jokowi tiba di Kraton Yogyakarta pukul 10.25 WIB.

Kemudian meninggalkan Kraton Yogyakarta 11.30 WIB.

“Kebetulan hari ini kan hari Minggu, jadi tidak di Kepatihan, kemudian jikalau di sini kan Ngarsa Dalem dawuhnya (mintanya) menemukan di Kraton Kilen,” jelas dia.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo melakukan serangkaian jadwal di Yogyakarta.

Setelah berkunjung ke Kraton Yogyakarta, Presiden Joko Widodo juga berkunjung ke Pura Pakualam untuk menemui KGPAA Paku Alam X.

Jokowi pun sebelumnya menggelar konferensi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Yogyakarta, Minggu (28/1/2024) pagi.

Pertemuan Jokowi dan AHY berjalan di kawasan kuliner Gudeg Yu Djum Wijilan.

moch akbar fitrianto

Jurnalis Dari Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 10 tahun. Tulisan berita Lamongan, umum, prediksi bola , dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button