Pendaftar Sensus Ekonomi Blora, Didominasi Swasta dan Ibu Rumah Tangga

0 87

BLORA- Lowongan petugas Sensus Ekonomi yang di buka oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora tenyata menarik masyarakat untuk mengikutinya. Hingga hari ke tiga pendaftaran sebanyak 689 pendaftar di seluruh kabupaten Blora mendaftarkan diri. Pendaftaran lowongan yang dibuka dari tanggal 19 hingga 28 Januari 2016 Jumlah tersebut membutuhkn sebanyak 752 petugas.

Kepala Kantor BPS Kabupaten Blora, Fenny Susanto saat ditemui dikantornya mengatakan pada sensus ini nantinya akan di bagi dalam dua petugas.

“Kami membutuhkan sebanyak 752 petugas 561 untuk petugas PCL (pencacah) dan 191 untuk petugas PML (pemeriksa). Nantinya para petugas sensus ini akan bertugas membantu pendataan untuk Sensus Ekonomi yang akan berlangsung pada Bulan Mei 2016 mendatang.” Kata Kepala Kantor BPS Kabupaten Blora, Fenny Susanto Senin (25/1/2016).

Feny menjelaskan lamaran ini juga terbuka untuk pelamar yang berstatus pegawai pemerintah maupun swasta. Namun khusus bagi yang sudah bekerja, harus melampirkan surat dispensasi atau izin dari atasan tempatnya bekerja.

“Para pendaftar untuk saat ini masih banyak di dominasi swasta namun ibu rumah tangga juga banyak yang ikut mendaftarkan diri,” ujarnya.
Dalam pendaftaran petugas Sensus Ekonomi tahun ini diadakan sebagai bentuk pembaruan data dari 2006, dan akan selalu diperbarui data yang dikumpulkan dengan meliputi nama usaha, alamat, jenis usaha, omset pertahunnya, dan distribusi hasil usaha.

“ Para pendaftar nantinya hasil akan di umumkan di setiap Kecamatan sedangkan untuk pelatihannya akan dilakukan pada bulan maret ahkir selama 4- 5 hari,” jelasnya.

Nantinya petugas sensus ekonomi dari BPS akan mendata jenis usaha yang dilakukan oleh masyarakat, mulai dari tambal ban, pedagang kaki lima sampai dengan perhotelan. Sehingga dengan adanya data tentang jenis usaha dan potensi usaha tersebut.

“ Dari data itu nantinya akan diperoleh acuan bagi para pelaku usaha untuk mengetahui adanya peluang dan persaingan usaha yang ada di sebuah daerah,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu seorang pelamar petugas Sensus Ekonomi Galih Harjanto mengaku mengikuti Sensus Ekonomi dikarenakan ingin menambah penghasilan untuk keluarga. Ia berharap dalam perekrutan petugas ini nantinya bisa transparan.

“Semua punya peluang saya harap nantinya bisa berjalan transparan dan terbuka,” terangnya.

Sekedar diketahui, pendaftaran Petugas Sensus Ekonomi akan masih di buka hingga tanggal 28 Januari nanti hingga saat ini sudah mencapai 689 hal ini nantinya akan masih bertambah lagi. Bagi Kecamatannya sudah melakukan tes sesuai jadwal, pihak BPS masih membuka peluang bagi masyarakat yang ingin masih mendaftar. Yaitu pada pukul 14.00 di kantor BPS Blora.

Berdasarkan kouta petugas sensus per kecamatan dengan rincian antara lain Kecamatan Jati dibutuhkan 23 orang , Randublatung 72 orang, Kradenan 43 orang, Kedung Tuban 30 orang, Cepu 127 orang, Sambong 16 orang ,Jiken 27 Orang, Bogorejo 12 Orang, Jepon 59 Orang, Blora 131 Orang, Banjarejo 36 Orang, Tunjungan 35, Japah 19 Orang, Ngawen 40 Orang, Kunduran 46 Orang, dan Todanan 36 Orang. **(Priyo).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More